Pemkab bersama Muhammadiyah Selayar Gelar Sunatan Massal, Ini Arahan Bupati

oleh -
oleh

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Pemerintah Bersama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kepulauan Selayar gelar Bhakti Sosial Khitanan (sunatan) massal gratis di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Selasa (13/08/2019).

Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali yang membuka secara resmi kegiatan tersebut, menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kepulauan Selayar, yang telah menginisiasi penyelenggaraan kegiatan sunatan massal gratis yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun, tepatnya setiap Idul Adha.

“kami menilai positif kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kita semua dalam membantu meringankan beban masyarakat khususnya bagi mereka yang kurang mampu,” kata Basli Ali.

Baca Juga:  Guna Ringankan Beban Korban Polsek Maritengngae Salurkan Bantuan

Di samping itu kata dia, kegiatan ini insya Allah bernilai ibadah disisi Allah SWT, karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa khitanan atau sunat itu hukumnya wajib bagi seorang muslim yang akan memasuki akhil balik, juga baik dampaknya bagi kesehatan.

Di akhir sambutannya Bupati Kepulauan Selayar berpesan kepada anak-anak peserta khitanan agar supaya benar-benar dapar menyadari setelah dikhitan, nantinya akan memasuki masa baligh atau puberitas dimana masa yang sangat berpengaruh terhadap masa depan peserta. Ia mengingatkan supaya pandai-pandai membawa diri dalam pergaulan.

“Hendaklah kalian memilah dan memilih teman, serta jangan terpengaruh hal-hal negatif. Demikian pula kepada para orang tua, saya mengingatkan bahwa dengan semakin canggihnya teknologi sekarang ini, hendaklah kita meningkatkan bimbingan dan mengawasi anak-anak kita dengan baik khususnya dalam penggunaan alat-alat komunikasi baik berupa handphone, internet maupun semacamnya yang bisa memberikan dampak negatif bagi perkembangan anak jika tidak dibarengi dengan pengawasan orang tua,” tutup Basli Ali.

Baca Juga:  TNI Pastikan Upacara 17-an di Istana Terlaksana dengan Sempurna

Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Abdullah, M.Pd dalam laporannya mengatakan kegiatan bhakti sosial khitanan massal merupakan kerja Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar yang didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Apoteker Indonesia Peratuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI).

Baca Juga:  Mahasiswa Unimerz Disambut Meriah Oleh Masyarakat Kelurahan Bangkala

Ia mengatakan bahwa peserta sunatan massal yang terdaftar saat ini, ada 55 orang yang merupakan masyarakat Kota Benteng, dengan tenaga dan alat kesehatan dari RSUD KH. Hayyung dan beberapa dari puskesmas di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar periode 2010-2015 H. Saiful Arif, S.H., Direktur RSUD Kh. Hayyung dr. Huzairin Nur, Sp.B, Sekretaris Dinas Kesehatan, Kabag. Ekonomi dan para undangan lainnya. (YUS)

Tinggalkan Balasan