SMK Negeri I Selayar Edukasi Masyarakat Bersih Pantai di Kampung Penyu

oleh -
oleh
Pelajar SMK I Selayar berbaur dengan masyarakat bersih bersih Pantai.

 

Selayar, mitrasulawesi.id – Ratusan orang dari berbagai komunitas dan organisasi peduli lingkungan. Pelajar dari SMK I Selayar dan masyarakat serentak berbaur dan berkumpul melaksanakan kegiatan bersih pantai di Kampung Penyu, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar, Minggu (18/8/19).

Kegiatan “Menghadap Laut 2.0” bersih- bersih pantai dan laut diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Pandu Laut Nusantara dan puluhan komunitas pecinta laut. Yang juga dilaksanakan secara serentak di 74 titik sungai dan laut di Indonesia, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74.

Dalam kegiatan ini, pelajar SMK 1 Selayar juga turut ambil bagian dan ikut bersama melaksanakan bersih pantai di Kampung Penyu.

Baca Juga:  Sumur Bersejarah di Gowa Akan Direnovasi, Pemuda Katangka Apresiasi

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengedukasi masyarakat dan warga di sekitar akan pentingnya membersihkan pantai dan laut dari sampah,” kata Makkasolla, Kepala Sekolah SMK 1 Selayar,

Ia menyatakan kegiatan bersih-bersih pantai tersebut sangat penting mengingat sampah merupakan persoalan seluruh pihak dan menjadi pekerjaan rumah hampir di seluruh negara di dunia, motivasi inilah yang membuat kami para tenaga pengajar di SMK 1 Selayar memberi support kepada anak didik untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Camat Bontosikuyu Hadirkan Aty Kodong Ramaikan Malam Resepsi HUT RI ke-74

Dikutip dari sejumlah media online, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak masyarakat untuk membersihkan laut dari sampah lewat aksi “Menghadap Laut 2.0” yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Pandu Laut Nusantara dan puluhan komunitas pecinta laut.

“Kami ingin awareness (kesadaran) masyarakat Indonesia terhadap laut lebih tinggi, lebih bisa menjaga. Karena laut ini penting sekali,” katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Susi menuturkan aksi Menghadap Laut 2.0 kali ini memasuki tahun kedua di mana pada kegiatan serupa tahun lalu ia hadir di Bitung, Sulawesi Utara.

Baca Juga:  Danramil 1411-02 Tanete Bagi Sembako Ke Warga Kurang Mampu

Pada aksi tahun lalu, terkumpul sekitar 366 ton sampah plastik dari sekitar 100 titik kegiatan aksi. “Bayangkan 360 ton sampah plastik dan itu hanya dua jam saja. Tahun ini saya akan ada di (Pantai Timur) Ancol, kita harap semua organisasi, individu, bisa ikut datang juga,” katanya.

Ketua Umum Pandu Laut Indonesia Bustar Maitar menjelaskan kegiatan Menghadap Laut merupakan ide Menteri Susi karena selama ini bangsa Indonesia terus memunggungi laut, demikian dikutip dari Antara. (IJAS)

Tinggalkan Balasan