Uji Coba Rudal Arhanud TNI AD Hancurkan Sasaran di Udara

oleh -
oleh
    Danpussenarhanud Kodiklatad, Brigjen TNI Toto Nugroho, S.I.P., M.Si.

Jawa Timur, Mitrsulawesi.id – Kemampuan rudal-rudal Arhanud kembali teruji, setelah dalam Latancab Kartika Yudha 2019 berhasil memukau para pejabat TNI dan TNI AD serta pengunjung, dalam Latihan Menembak Senjata Berat Terintegrasi yang dilaksanakan Pussenarhanud di Lumajang, rudal jenis Starstreak dan Mistral berhasil menghancurkan sasaran target drone di udara, (Jumat, 23/8/2019).

Danpussenarhanud Kodiklatad, Brigjen TNI Toto Nugroho, S.I.P., M.Si. saat ditemui awak media di Lapangan Tembak AWR Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengatakan, dalam latihan ini, juga sekaligus uji penembakan senjata satuan Arhanud.

Baca Juga:  Bocah SD Tewas di Kolam Regulasi, Wagub Berbelasungkawa Sambangi Almarhum

Rudal Starstreak dan Rudal Mistral serta meriam berhasil menghancurkan sasaran target drone di udara. Ini menunjukan bahwa Alutsista yang dimiliki TNI AD hebat dan canggih serta para prajurit yang mengawakinya profesional,” ungkapnya.

Uji coba ini hadiri oleh Wakil Komandan Kodiklat TNI AD (Wadankdiklatad) Mayjen TNI Eka Wiharsa dan Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI M. Bambang Ismawan, S.E., M.M.

Dijelaskannya lebih lanjut, bahwa satuan Arhanud merupakan satuan Bantuan Tempur (Banpur) yang bertugas melindungi wilayah udara nasional dari semua hakekat ancaman di udara.

Baca Juga:  Polres Bantaeng Gelar Upacara HUT Satpam ke-39, Kapolres : Wujudkan SDM yang Unggul

“Serangan udara saat ini yang kita kenal diantaranya pesawat udara, peluru balistik, UAV, rudal jarak jauh yang kesemuanya itu dapat menjadi ancaman bagi bangsa kita,” ujarnya.

Untuk mengamankan wilayah udara nasional yang sedemikian luas. Kedepan, akan kita tambah lagi yang beberapa jenis senjata Arhanud yang jangkauannya lebih jauh,” tambahnya.

“Ini penting, selain untuk menjaga dan mengamankan batas wilayah NKRI, senjata yang kita miliki nantinya, akan dapat menghalau berbagai ancaman yang dapat merugikan bangsa kita,” tegasnya.

Baca Juga:  Pemkab Gowa dan KPU, Siap Bersinergi Tangkal Isu Hoax di Pilkada

Pada kegiatan latihan antar angkatan di Latgab TNI mendatang, Toto mengharapkan agar satuan Arhanud dapat berperan aktif dan berpartisipasi serta terlibat didalamnya, seperti saat Latancab beberapa hari lalu di Baturaja, Lampung.

“Semoga melalui latihan ini, dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki para awak dalam mengoperasionalkan berbagai kesenjataan Arhanud terutama menghadapi Latgab TNI kedepannya,” tandasnya. (BD)

Tinggalkan Balasan