Ternyata Sultan Deli, Raja Termuda Dalam Sejarah Berdarah Makassar

oleh -
Tengku Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam, saat di angkat jadi Raja 2005.

Medan, Mitrasulawesi.id — Sri Paduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam Shah, atau cukup disingkat Tuanku Aji adalah Sultan Deli ke-14 yang naik tahta sejak 23 Juli 2005. Dia adalah Sultan Deli termuda dalam sejarah.

Sultan termuda sebelumnya adalah Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam Shah (1873-1924) yang diangkat menjadi sultan saat berusia 15 tahun.

Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam Shah Sultan Deli XIV, yang berkuasa
2005 – Sekarang. yang sebelumnya dijabat Sultan Otteman III Mahmud Ma’amun Padrap Perkasa Alam Shah yang tak lain dan tak bukan adalah ayahnya.

Baca Juga:  BAK Bakar Semangat Pengurus IPI Makassar, Saat Setelah Dilantik

Tuanku Aji lahir 17 Agustus 1997 saat ini memiliki usia 22 tahun lahir di kota Makassar, provinsi Sulawesi Selatan. Saat diangkat menjadi sultan, Lamanjiji sedang bersekolah di sebuah SD di Jawa Barat. Kini ia sedang menempuh pendidikan tinggi di Universitas Diponegoro Semarang. Untuk sementara waktu tampuk kepemimpinan Kesultanan Deli dijabat oleh paman Sultan Otteman III Mahmud Ma’amun Padrap Perkasa Alam Shah, Tengku Hamdy Osman Deli Khan Alhaj bergelar Tengku Raja Muda Deli.

Daerah kekuasaan Deli yang berada di selat Malaka.

Sri Paduka Sultan Deli XIV Tuanku Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam. Beliau dinobatkan menjadi Sultan Deli XIV pada 22 Juli 2005 di Istana Maimoon di usia 8 tahun, setelah ayahandanya Sultan Deli XIII Letkol Tuanku Sultan Otteman III Mahmud Padrap Perkasa Alam, meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat saat pesawat CN-235 yang ditumpanginya bersama dua rekan TNI lainnya tergelincir di Pangkalan Udara Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh, pada 21 Juli 2005.

Baca Juga:  Tagih Janji, Masyarakat Malangke dan Mahasiswa Geruduk Kantor Bupati Lutra

Sepeninggal sang ayah ini pun, dibawa sang bunda untuk menetap di tanah kelahiran sang bunda Hj Andi Siska Marabintang binti H.Z.B.Palaguna di Makassar. Sesekali waktu beliau mengunjungi Kota Medan.

Baca Juga:  Anies Baswedan Percaya ASN, TNI dan Polri akan Netral di Pemilu 2024

Saat ini Pemangku Sultan Deli, Tengku Hamdy Osman Delikhan Al-Haj gelar Tengku Raja Muda Deli, bertindak sebagai acting sultan hingga Sultan Deli XIV Tuanku Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam dewasa dan siap menjalankan tugas sebagai Sultan Deli Darul Arif .

(Berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan