Gala Dinner, 5 Dara Cantik Toraja Tampil Memukau

oleh -
oleh

PALOPO,Mitrasulawesi–Lima gadis cantik Toraja berhasil memukau dihadapan para raja dan sultan di kegiatan Gala Dinner di halaman Kedatuan Luwu, Kota Palopo. Minggu, 8 Agustus 2019

Kelima gadis cantik dari toraja menampilkan tarian khas dari tanah toraja yaitu Tari Pa’gellu. Tarian ini merupakan tarian tertua di tanah toraja.

Parengen nonongan,yang merupakan anggota keluarga dari rumpun tongkonan nonongan saat dikonfirmasi mengatakan, Tari Pa’gellu adalah tari sukacita yang biasa dipentaskan pada upacara adat di Toraja, Sulawesi Selatan yang sifatnya riang gembira.

Baca Juga:  Kementerian LHK Buka Kawasan Ekowisata Terbatas

“Pa’gellu atau Ma’gellu dalam bahasa setempat berarti menari-nari dengan riang gembira sambil tangan dan badan bergoyang dengan gemulai, meliuk-liuk lenggak-lenggok”.ujarnya

Menurutnya, Tari pa’gellu atau terkenal dengan sebutanpa’gellu pangala ini pertama kali diciptakan oleh Nek Datu Bua’, yakni pada saat kembali dari medan peperangan yang kemudian dirayakan dengan menari penuh sukacita. Dimana pada waktu itu belum ada alat musik gendang sehingga mereka menggunakanlesung sebagai pengiring tarian. Dalam tarian pa’gellu tidak ada batasan jumlah penari, perempuan maupun laki-laki dapat mengikuti tarian ini. Hingga kini tidak ada yang tahu pasti tahun diciptakannya tarian ini.

Baca Juga:  Wakil Bupati Selayar Lepas Calon Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar

Parengen juga menjelaskan bahwa penari Pa’gellu sebelum kemerdekaan, adalah Nek Lekke, Nek Sampe Alo,dan Nek Tangke Lengi.

Baca Juga:  Kadis PMD Gowa Terima Kedatangan Tim Reviu Implementasi Sistem Pengelolaan Keuangan Desa

Tari pa’gellu biasanya dimeriahkan pada saat dan upacara rambu tuka (upacarakegembiraan), penyambutan tamu, pesta pernikahan, dan ma’bua (upacara peresmian rumah Tongkonan”, ungkapnya. (Rin)

Tinggalkan Balasan