Pesta Laut FKN Disaksikan Perwakilan Bangsawan Lebanon, Amerika, Australia dan Puluhan Raja se-Nusantara

oleh -
Ali Bangsawan Lebanon (berdiri) saat mendapat ucapan hari ulang tahun yang bertepatan dengan proses Meccera'Tasi.

Palopo, mitrasulawesi.id — Festival Keraton Nusantara (FKN) yang berlangsung sejak 7-13 September, di pusatkan di Tanah Luwu, di hadiri puluhan Raja/Sultan dari berbagai daerah.

Rangkaian Kegiatan FKN kini, menggelar Macceratasi (Pesta Laut) di laut yang dipusatkan Desa Ulo-Ulo, Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu.

H. Andi Maradang Mackhulau Opu To Bau SH, selaku Satu Luwu yang ke-40 memimpin langsung prosesi Macceratasi (Pesta laut) yang digelar pada 10/9.

[caption id="attachment_1645" align="alignnone" width="148"] Ratusan Raja mengikuti ritual adat Maccera’Tasi di Pelabuhan Ulo Ulo.[/caption]

Kegiatan ini, masih rangakaian dari kegiatan FKN yang ke XIII. Dalam kegiatan ini, ribuan bibit ikan disebar di laut sebagai bentuk apresiasi dan harapan agar para nelayan dapat terus mendapat pelimpahan rezki.

Kegiatan Maccera’Tasi, memiliki keyakinan bahwa Ritual ini, dinamakan Maccera’ Tasi’ yang merupakan upacara adat tradisional nelayan yang ada di Luwu. Upacara Maccera’ Tasi’ adalah salah satu manifestasi budaya Luwu, mengenai hubungan antara umat manusia dengan Tuhan Yang Maha Pencipta, maupun dengan seluruh makhluk hidup dan lingkungan hidup yang ada di alam ini.

Maccera’ Tasi’ yang merupakan upacara adat tradisional nelayan yang ada di Luwu. Upacara Maccera’ Tasi’ adalah salah satu manifestasi budaya Luwu mengenai hubungan antara umat manusia dengan Tuhan Yang Maha Pencipta, maupun dengan seluruh makhluk hidup dan lingkungan hidup yang ada di alam ini.(ah/wd)