Video: Ratusan Barang Antik jenis Koin dan Mangkuk Diangkat Dari Dasar Laut di Selayar

oleh -

SELAYAR, Mitrasulawesi.id – Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pengangkatan ratusan barang antik berupa koin dan keramik jenis mangkuk dari dasar laut diperairan Tile Tile Desa Patikarya Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Minggu, (20/10/19).

Barang antik yang ditemukan beberapa tahun lalu oleh penyelam tradisional ini mempunyai history sejarah yang tak ternilai harganya diperkirakan berasal dari sebuah kapal dagang Cina dan diperkirakan berusia sekitar 800 tahun lalu berasal dari dinasti cina yang karam di perairan Tile Tile dengan kedalaman 20 meter hingga 30 meter menggunakan alat selam.

Dari hasil pantauan, penyelaman dilakukan sejak dua hari lalu dan akan berakhir pada tanggal 24 Oktober 2019 sesuai surat Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengenai jumlah barang antik yang ditelah diangkut ke kapal sebagian mangkuk tidak sempurna atau sudah pecah dan belum diketahui secara pasti jumlah barang anti ini. Namun diperkirakan barang antik jenis koin berkisar mencapai ratusan keping.

Menurut warga Tile Tile, Bakhtiar, mengatakan jika mengacu ke literatur sejarah pada era perdagangan dinasti cina, tiap kapal pedagan cina ada peti emasnya diatas, jika ditaksir harganya triliunan.

“Menurut ramalan dari mimpi warga Tile Tile jika emas yang ada ditempat tersebut diambil akan ada musibah tsunami,” cerita Bakhtiar.

Harapan Bakhtiar kepada media ini bahwa penyelaman dan pengangkatan barang antik yang ada di Tile Tile ini berharap melibatkan instansi terkait yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Mereka bekerja karena memamfaatkan anggaran kementerian tahun 2019, setidaknya kami yang dari awal yang menghasilkan rekomendasi dari rapat focus Grup Discussion terkait penjajakan peluang pengelolaan Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) di Tile Tile yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 01 Oktober 2018 lalu. Setidaknya kami mendapat pemberitahuan adanya kegiatan ini karena kegiatan ini dari hasil rapat tersebut dan disimpulkan pengangkatan barang antik tersebut ditempatkan di sini, jangan keluar dari Tile Tile,” harap Bakhtiar. (#*#)