Tingkatkan Rasio Elektrifikasi, PLN Listriki Enam Desa di Luwu Utara Pada Penghujung Tahun 2019

oleh -
oleh

Luwu Timur, mitrasulawesi.id – Melistriki hingga ke pelosok memang menjadi amanah dan tugas mulia yang diemban oleh PLN. Apalagi dengan target Rasio Elektrifikasi 100% akan terus digenjot PLN hingga tahun 2020 utamanya dalam hal Lisa (Listrik Desa).

Tepat di penghujung tahun 2019, masyarakat enam desa di Luwu Utara kini patut berbahagia. Pasalnya masyarakat desa tersebut telah menikmati listrik yang ditandai dengan peresmian penyalaan listrik desa (LiSa) langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M. Agr. di halaman kantor koramil, Desa Komba Kecamatan Rongkong, Selasa (31/11/19).

Enam desa yang dilistriki di Luwu Utara adalah Desa Komba, Desa Minanga, Desa Rinding Allo, Desa Marampa, Desa Limbong, dan Desa Pangkendekan. Dalam proses pembangunannya PLN menghadapi tantangan akses jalan yang berlumpur serta sering terjadi longsor.

Baca Juga:  Camat Mariso bersama Pelaku Usaha Pantau ki Kembali terkait Sampah di Kanal Jongaya

Hadir dalam peresmian penyalaan listrik desa yakni Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr., Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW Sulselrabar Sudirman, dan Manager PLN UP3 Palopo Raditya Hari Nugraha.

Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr. menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada PLN dengan terlistrikinya enam desa tersebut.

“Dulunya masyarakat hanya menggunakan genset, sekarang dengan adanya listrik dari PLN tentu harapannya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” kata Gubernur Sulsel.

Baca Juga:  Kapolres Temmangnganro Akan Meriahkan Event HPN Tahun 2020

Dalam kesempatannya, Sudirman menyampaikan walaupun banyak tantangan yang dihadapi PLN tentu tidak menyurutkan semangat petugas PLN untuk melistriki hingga ke pelosok. Tidak jarang petugas PLN juga menghadapi longsor saat mengangkut material.

“Kami juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemprov Sulsel karena infrastruktur jalan sudah bagus sehingga kami dapat memobilisasi material ke lokasi desa. Semoga dengan adanya listrik dari PLN, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik serta anak-anak dapat belajar lebih lama,” tutur Sudirman.

Sudirman optimis seluruh desa di wilayah kerja PLN UIW Sulselrabar akan terlistriki di tahun 2020.

Dengan 507 pelanggan tersambung, PLN telah membangun infrastruktur Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 33 kms , Jaringan Tegangan Rendah (JTR)
13 kms , serta total daya 400 kVA.

Baca Juga:  Kodim 1804/Kaimana Bangun Delapan Unit Rumah

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PLN juga memberikan bantuan penyambungan pasang baru listrik bagi 120 KK yang ada di kec. Rongkong,
Sementara itu Yayasan Baitul Maal PLN juga menyerahkan bantuan senilai 5 juta rupiah untuk Mustahiq Tidak ketinggalan pula melalui program One Man One Hope
dari donasi pegawai, PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis bagi 5 rumah masyarakat yang membutuhkan.

PLN terus berupaya untuk terus meningkatkan rasio elektrifikasi dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di seluruh pelosok negeri. (Ria Rizki)

Tinggalkan Balasan