Bale Bale Comunity Undang Bupati MBA Hadiri Peringatan HUT ke 3 dan Pergantian Pengurus

oleh -

SELAYARmitrasulawesi.id – Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali menghadiri rangkaian Peringatan HUT ke-3 dan pergantian pengurus organisasi kemasyarakatan Bale-Bale Community (BBC) periode 2020-2023 Dusun Balang-Balang Desa Maharayya Kecamatan Bontomatene, Selasa (3/3/2020).

BBC yang bermotto Dari Bale-Bale Kami Bersatu untuk Berbagi, segaja mengundang orang nomor satu di Kabupaten Kepulauan Selayar ini untuk bisa hadir pada kegiatan tersebut.

Ketua Panitia Baso Rahman menyebutkan bahwa BBC terbentuk sejak 25 Pebruari 2017, yang saat ini sudah memasuki usianya yang ke-3 tahun. Pada periode sebelumnya dipimpin oleh M. Yusuf dan pada periode 2020-2023 melalui rapat terbuka disepakati untuk mengangkat Sumiati sebagai ketua.

“Kalau pada periode sebelumnya, Ketua dan pengurus semuanya laki-laki, namun pada periode ini kami sepakat untuk mengangkat Ketua dan pengurus, semuanya dari kaum perempuan. Ini sebagai wujud pembuktian kesetaraan gender bahwa semua anggota berhak jadi Ketua ataupun pengurus di bawahnya,” ujar Baso Rahman.

Baca Juga:  Penyuntikan Covid-19 Ada 1.665 Dosis Vaksin Untuk Selayar

BBC yang saat ini beranggotakan 28 orang, sesuai dengan motto BBC kata Baso Rahman bahwa apa yang diprogramkan dan dikerjakan semuanya untuk masyarakat dan lingkungan, kemudian berbagi untuk masyarakat dan agama.

Setelah resmi dikukuhkan di tingkat desa dan kecamatan, tujuan dibentuknya BBC ini diantaranya meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya kebersamaan, meningkatkan kerjasama anggota BBC dengan masyarakat, meningkatkan kembali rasa kegotong-royongan masyarakat, meningkatkan pengamalan di bidang sosial keagamaan dan sosial kemasyarakatan.

Lanjut Baso Rahman program yang akan dilaksanakan ke depan adalah program pemberdayaan bantuan langsung di bidang keagamaan, program peningkatan kebersihan tempat ibadah dan pemakaman umum, program peningkatan kesehatan lingkungan dan masyarakat, program peningkatan UKM dan program hiburan dan rekreasi.

Sementara Bupati Kepulauan Selayar mengatakan pada prinsipnya pemerintah sangat mengapresiasi ketika ada masyarakat mau membentuk sebuah komunitas. Komunitas itu kata Basli banyak sekali manfaatnya. Di samping sebagai ajang silaturahim, komunitas ini juga dapat mendiskusikan hal-hal yang baik-baik, dibanding diskusi tanpa diwadahi oleh sebuah komunitas.

Baca Juga:  14 Personil Polda Sulsel di mutasi ke Polres Selayar

“Setelah saya mendengar apa yang disampaikan oleh ketua panitia sangat luar biasa semangatnya. Walaupun saya melihat komunitas ini masih perlu bimbingan dan arahan sehingga komunitas ini semakin dirasakan manfaatnya baik anggota dan masyarakat,” ujar Basli.

Basli mengatakan di samping BBC mengedepankan jiwa sosial, namun menurut dia sebaik-baiknya komunitas itu adalah komunitas yang bisa memberikan kontribusi positif dalam peningkatan ekonomi anggota.

Terkait dengan permintaan sejumlah bantuan, Basli mengatakan banyak program-program pemerintah yang komunitas bisa masuk di dalamnya. Namun demikan pemberian bantuan itu harus sesuai regulasi.

“Bukannya pemerintah tidak mau memberikan bantuan, tetapi harus sesuai regulasi yang mengatur,” jelasnya.

Baca Juga:  Wabup Saiful Arif Lepas Ratusan Raider Trail Jajal Alam Bumi Tanadoang

Ia mencontohkan pemberian bantuan mesin jahit, penerimanya harus dipastikan sudah mendapatkan pelatihan dari BLK atas keterampilan yang dimilikinya. Nanti setelah mendapatkan pelatihan kursus, lalu secara bersyarat bisa diberikan bantuan. Hal ini menjadi penekanan karena dikhawatirkan bantuan yang turun tidak termanfaatkan dengan baik.

Olehnya itu Basli meminta apa yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat supaya disampaikan secara tertulis kepada pemerintah, nanti akan disesuaikan dengan regulasi dan aturan yang berlaku.

Bupati Muh Basli Ali juga mendukung agar komunitas-komunitas seperti BBC bisa terbentuk pada setiap desa, karena selain bisa menjadi mitra pemerintah, komunitas itu bisa menjadi ujung tombak dari program-program pemerintah.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba, yang sudah digelar sebelumn oleh BBC Dusun Balang-Balang. (IM)

Tinggalkan Balasan