Kapolres Kembali Temukan Pupuk Bahan Bom Ikan di Dalam Kawasan TNTB

oleh -

SELAYAR, MITRASULAWESI.ID – Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Temmanganro Machmud, S Ik, MH, temukan dua jerigen pupuk Matahari dan 5 karung pupuk Cantik, yang diduga Bahan Peledak (Handak) Bom Ikan, di dalam Kawasan Taman Nasional Takabonerate (TNTB), Kamis (22/4/20).

Baca Juga: Bupati Labuhanbatu Serahkan Paket Sembako dari Baznas Secara Simbolis Kepada Warga

Penemuan ini saat Kapolres bersama rombongan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker), hari ke 3 jajaran Polsek yang berada di Kepulauan dalam rangka melakukan himbauan pemerintah dan penyaluran bantuan dampak covid-19.

Ditemukannya Handak jenis pupuk Matahari dan pupuk Cantik tersebut, atas laporan yang diterima dari Kepala Balai TNTB, bahwa petugasnya, Agusriadi dari Jagawana menemukan jenis barang yang sering digunakan sebagai alat bahan peledak untuk melakukan ilegal fhising. Bahan ini ditemukan di Pulau Tarupa Kecil, dalam Kawasan TNTB, pada hari Rabu, 22 April, kemarin.

Baca Juga:  Saiful Arif Persentase Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Atas laporan tersebut, Kapolres Temmangnganro, didampingi Kapolsek Takabonerate, IPTU. Agus Junihardi serta beberapa Perwira dan anggota menuju Pulau Tinabo, pusat Kawasan TNTB.

Baca Juga: Dandim Selayar Letkol Arm Yuwono Tembus Hingga ke Pelosok Desa Bantu Warga Bagikan Paket Sembako

Agusriadi, menjelaskan bahwa ditemukannya 5 karung Pupuk Cantik dan 2 Jerigen pupuk Matahari, di Pulau Tarupa Kecil dalam kondisi tertanam dalam pasir Saat melaksanakan patroli rutin di kawasan TNTB bersama dengan masyarakat mitra Polhut. Selanjutnya petugas membawa ke Pos Jagawana di Pulau Tinabo.

Barang Bukti (BB) ini diserah terimakan dari Jagawana ke Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Temmangganro Machmud, ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima barang untuk dilakukan penyelidikan.

Baca Juga:  Pertandingan Domino Ramaikan Hari Bhayangkara ke 77

Agusriadi menjelaskan bahwa kronologis penemuan pupuk illegal tersebut berawal dari informasi masyarakat pada hari Selasa, 21 April, sekitar 15.00 wita, bahwa ada Pupuk matahari dari Pulau Madu masuk ke kawasan Taman Nasional.

Kemudian patroli menyusuri pesisisr pantai dengan jalan kaki dan menemukan gundukan pasir yang diatasnya ada rumput layu yang sengaja ditanam untuk mengelabuhi petugas.

“Melihat keadaan tersebut sehingga kami menggali dengan menggunakan tangan dan sekitar 30 cm ditemukan karung berwarna kuning dan cergen yang isinya adalah pupuk cantik dan pupuk matahari”, terang Agusriadi

Kapolres Kepulauan Selayar. AKBP Temmanganro Machmud, S Ik, MH. mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras petugas Jagawana membantu pemerintah melindungi kawasan taman Nasional dari pelaku illegal (Bom).

Baca Juga:  Bupati Selayar Tinjau Kebun Bibit dan Kawasan Rumah Pangan Lestari

Baca Juga: Pejuang Wanita Asal Makassar, I Fatimah Daeng Takontu Panglima Perang Laskar Bainea Kerajaan Gowa

Tentang BB pupuk yang ditemukan, kami terima dan dibuatkan berita acara serahterima barang untuk bersama sama kita lakukan penyelidikan terhadap pelaku Ilegal (Bom) di kawasan Taman Nasional Takabonerate.

“Ia memerintahkan kepada para Kapolsek dan jajarannya agar bekerja sama dengan petugas, Jagawana, Babinsa dan masyarakat untuk bersama sama mencegah pelaku Illegal di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar”, tegas Kapolres. AKBP. Temmangnganro.

Selain agenda Patroli di diwilayah Polsek Kepulauan, Kapolres Temmangnganro, bersama rombongan dalam kunkernya, juga selalu menyampaikan agar tetap menjaga penyebaran Virus Corona, Covid – 19, kepada masyarakat dan menjaga situasi Kamtibmas jelang Pilkada serta menyambut Ramadhan. (Rizal)

Tinggalkan Balasan