Pimpin Upacara Pengalihan Komando dan Sertijab, Ini Pesan Pangdam XVIII/Kasuari

oleh -
oleh

Manokwari, mitrasulawesi.id – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si pimpin langsung upacara Pengalihan Komando dan Pengendalian (Alih Kodal) Kodim 1801/Manokwari, dari Korem 181/Praja Vira Tama (PVT) ke Kodam XVIII/Kasuari dan serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Detasemen Intelijen Kodam (Dandeninteldam) XVIII/Kasuari, Senin (3/8/2020), di lapangan upacara Markas Kodim 1801/Manokwari, Jln. Brawijaya, Manokwari, Papua Barat.

“Saya berpesan kepada Dandim 1801/Manokwari dan Dandeninteldam XVIII/Kasuari, agar terus memelihara dan meningkatkan kemajuan yang telah dirintis dan dicapai saat ini. Kembangkan inovasi dan kreatifitas dalam setiap tugas, serta pertahankan dan tingkatkan penyelenggaraan pembinaan satuan dan pembinaan teritorial. Jadikan anggota sebagai sebuah team work yang tangguh dan kompak sehingga setiap tugas yang diemban dapat diselesaikan dengan baik. Selain itu, dalam pelaksanaan tugas agar menjalin sinergitas dengan Forkopimda dan seluruh komponen masyarakat di wilayah, karena dengan sinergitas tersebut akan mampu mewujudkan daya tangkal yang tangguh untuk mengatasi setiap permasalahan di wilayah, serta dapat mendeteksi dan memitigasi secara dini setiap konflik sosial yang timbul di daerah guna menjaga stabilitas keamanan di wilayah Papua Barat,”ungkap Pangdam.

Baca Juga:  Kunjungi Lokasi Kebakaran, Ini yang di lakukan Kontras Sidrap

Lebih lanjut dikatakan, sejalan dengan rencana strategis penataan organisasi Kodam XVIII/Kasuari tahun 2020-2024 tentang pembangunan kekuatan, maka pada tahun ini (2020) akan dilaksanakan peresmian beberapa satuan Kodim baru, peningkatan status dan Alih Kodal Kodim 1801/Manokwari.

“Tujuan dari Alih Kodal Kodim 1801/Manokwari menjadi Kodim kota besar (Berdiri Sendiri/BS) langsung dibawah Kodal Pangdam XVIII/Kasuari adalah dalam rangka peningkatan kemampuan pembinaan teritorial, khususnya di wilayah ibukota Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari,” ujar Pangdam.

Berkaitan dengan acara Alih Kodal Kodim 1801/Manokwari, yang semula dibawah kendali Korem 181/PVT, maka mulai hari ini Kodim 1801/Manokwari akan berkedudukan langsung dibawah Pangdam XVIII/Kasuari, yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan kekuatan dan gelar kekuatan, pembinaan teritorial (Binter) untuk menyiapkan wilayah pertahanan darat dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XVIII/Kasuari.

Baca Juga:  Tengah Covid-19, Babinsa Dan Lurah Kemlayan Gencar Gelar Sosialisasi di Tempat Ibadah

“Harapan saya Kodim 1801/Manokwari sebagai Kodim BS yang langsung dibawah kendali Pangdam akan mampu meningkatkan kemampuan pembinaan teritorial dan mendukung keberhasilan tugas Kodam XVIII/Kasuari,” ucap Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Selanjutnya terhadap Sertijab Dandeninteldam XVIII/Kasuari dari Letkol Inf Batara Alex Bulo kepada Letkol Inf Ruruh Sejati, Pangdam XVIII/Kasuari mengatakan bahwa pergantian pejabat di lingkungan TNI AD adalah hal yang wajar dalam proses pengembangan karier seorang Perwira dan proses regenerasi kepemimpinan.

Mengakhiri amanatnya, Pangdam XVIII/Kasuari mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para Bupati beserta jajaran Forkopimda di wilayah kerja Kodim 1801/Manokwari yang telah bersinergi mendukung tugas Kodim 1801/Kasuari dalam penyelenggaraan Binter.

Baca Juga:  Bhabinkamtibmas Arateng Sidrap Kunjungi Tempat Jual Beli Plastik, Ini Tujuannya

Usai upacara Alih Kodal Kodim 1801/Manokwari dan Sertijab Dandeninteldam XVIII/Kasuari, dilanjutkan dengan acara pengangkatan Ketua Persit Cabang 1801/Manokwari (BS) yang dipimpin langsung oleh Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari, Ny. Retno Ali Hamdan Bogra.

Hadir dalam kegiatan upacara Alih Kodal Kodim 1801/Manokwari dan Sertijab Dandeninteldam XVIII/Kasuari, Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Yulius Selvanus, Irdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Steverly Christmas Parengkuan, Kapoksahli Pangdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P. M.H., perwakilan Forkopimda Manokwari, Kepala Imigrasi, Dansat Brimob Polda Papua Barat, para Asisten dan Kabalak Kodam XVIII/Kasuari, Kapolres, Kafasharkan TNI AL Manokwari, dan Ketua beserta Pengurus Persit KCK PD XVIII/Kasuari.(rls/tim)

Tinggalkan Balasan