Pangdam XVIII/Kasuari Resmi Menutup Rangkaian Opster TNI Tahun 2020

oleh -
oleh

Bintuni, mitrasulawesi.id – Sesuai rencana, kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat yang dilaksanakan selama 60 hari, mulai 9 Juni hingga 7 Agustus 2020 di Kampung Botai Lama dan Kampung Botai Baru, Distrik Manimeri, hari ini, Jumat (7/8/2020) berakhir.

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, pelaksanaan kegiatan Opster ini dapat berjalan tertib dan lancar, dengan menyelesaikan sasaran fisik dan non fisik sesuai waktu yang telah ditentukan, ditengah-tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda berbagai wilayah Provinsi Papua Barat, termasuk didalamnya Kabupaten Teluk Bintuni,” kata Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si.

“Saya mengapresiasi Pemda Kabupaten Teluk Bintuni dan jajaran Kodam XVIII/Kasuari, yang tetap produktif bekerja menyelesaikan program Opster tersebut, dengan tetap menaati protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan guna mencegah penularan,” tambahnya.

Mayjen Ali Hamdan Bogra mengatakan hal itu dalam amanatnya saat menutup kegiatan Opster TNI TA 2020 di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, dalam suatu upacara yang berlangsung di markas Kodim 1806/Teluk Bintuni, Jalan Raya Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, Jumat (7/8/2020).

Baca Juga:  Hutan Bambu Jadi Destinasi Unggulan Lorong Wisata Tallo

Opster TNI TA 2020 di Kodim 1806/Teluk Bintuni, Korem 181/PVT wilayah Kodam XVIII/Kasuari ini menyelesaikan pekerjaan fisik berupa pembuatan rumah rakyat tipe 45 (32 unit), pengecoran jalan rigit (300 meter), pembangunan sarana air bersih (2 unit), dan pengecoran halaman Gereja Botai Lama. Selain itu juga digelar penyuluhan kesehatan, Kamtibmas, wawasan kebangsaan (Wasbang), bela negara (belneg), pengobatan massal, pemberian masker dan hand sanitizer serta paket Sembako guna membantu memperingan beban kesulitan masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni.

Pangdam berharap, berbagai capaian dari Opster TNI tersebut pada akhirnya akan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, khususnya yang berdomisi di Distrik Manimeri, sekaligus dapat membangun semangat kebersamaan dan gotong royong antara TNI dan masyarakat, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat dapat tetap terpelihara.

Baca Juga:  Jelang Natal dan Tahun Baru, Bupati Gowa Tetap Berlakukan Pembatasan Aktivitas

Berkaitan dengan berakhirnya Opster TNI ini, selaku Penanggung Jawab Operasi Teritorial TNI TA 2020 di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, yang telah memberikan kepercayaan kepada Kodam XVIII/Kasuari. Juga kepada Danrem 181/PVT dan jajarannya, Forkopimda, serta seluruh komponen masyarakat yang telah bahu-membahu bersama Prajurit TNI dalam menyukseskan seluruh kegiatan.

Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra juga menyampaikan atensi dan harapannnya kepada personel Satgas dan segenap komponen masyarakat agar mempertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam berbagai kegiatan. Meningkatkan semangat gotong royong, yang merupakan warisan nenek moyang, dalam mengatasi berbagai kesulitan.

“Mari kita pelihara seluruh hasil program Opster TNI ini dengan sebaik-baiknya dan teruslah produktif bekerja ditengah wabah Covid-19 dengan tetap menaati protokol kesehatan untuk kemajuan pembangunan di daerah. Bantu pemerintah daerah dalam menciptakan situasi keamanan yang kondusif sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik,” tutup Pangdam XVIII/Kasuari.

Baca Juga:  Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Ternyata Pasutri yang Baru Menikah

Upacara penutupan Opster TNI TA 2020 di wilayah Kodam XVIII/Kasuari dihadiri Danrem 181/PVT Brigjen TNI Yulius Selvanus, Asisten Kasdam XVIII/Kasuari terkait, Forkopimda dan para kepal dinas Pemkab Teluk Bintuni, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan perwakilan 32 warga Kampung Botai Lama dan Botai Baru yang memperoleh rumah hasil Opster TNI TA. 2020, serta para peserta upacara dari Kodim, Kompi Yonif RK 762/VYS, Polres, dan Pol PP Kabupaten Bintuni.

Usai upacara dilanjutkan dengan pemberian kunci rumah oleh Pangdam kepada perwakilan warga dari Kampung Botai Lama dan Botai Baru, juga pemberian perlengkapan Gereja GKI dan Gereja Prisilia, perlengkapan siswa SD YPK Botai dan SD YPK Rafidim, serta perlengkapan Masjid Al-Hikmah, Bintuni. (rls/tim)

Tinggalkan Balasan