Sambut Hut Perdana, Yonif 761/Kibibor Akinting Kodam XVIII/Kasuari Gelar Baksos

oleh -
oleh

Manokwari, mitrasulawesi.id – Menyongsong peringatan ulang tahun perdana Yonif 761/Kibibor Akinting (KA) yang diresmikan oleh Letjen TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau (saat menjabat Pangdam XVIII/Kasuari dengan pangkat Mayor Jenderal) pada 27 Agustus 2019, para Prajurit Yonif 761/KA menyambut hari jadi di tahun pertamanya itu dengan menggelar aksi bakti sosial (Baksos), Rabu (26/8/2020) di Kampung Duwin, Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Kapendam XVIII/Kasuari, Kolonel Kav Zubaedi, S.Sos., M.M., dalam rilisnya mengungkapkan, Yonif 761/KA adalah satuan tempur (Satpur) yang berada dibawah Kodam XVIII/Kasuari, yang disiapkan untuk melaksanakan tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Sementara itu, Baksos yang digelar para Prajurit Yonif 761/KA ini adalah salah satu implementasi dari pelaksanaan tugas OMSP, yang tertuang di poin kedelapan dari 14 tugas TNI dalam OMSP, yakni memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini, sesuai dengan sistem pertahanan semesta,” ungkap Zubaedi.

Baca Juga:  Resmob Panakukang Berhasil Ciduk Pelaku Penikaman di Batua Raya

Tanpa Rakyat Indonesia maka TNI tidak berarti apa-apa dalam perang menghadapi ancaman agresi dari negara lain. Meskipun persenjataan TNI terbatas, namun apabila rakyat dan TNI bersatu maka ancaman atau bahaya apapun dapat diatasi bersama.

Hal tersebut, lanjut Kapendam, telah dibuktikan dengan kemerdekaan Republik Indonesia yang diproklamasikan oleh Bapak Soekarno, Presiden pertama Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Saat itu, Rakyat Indonesia dan TNI yang masih bersenjatakan bambu runcing mampu mengalahkan musuhnya dari negara-negara yg menjajah Indonesia saat itu, yaitu Jepang dan Belanda.

Baca Juga:  Koramil 04/Jebres Bagikan Makanan Sahur Untuk Masyarakat Ditiga Kelurahan

“Dengan demikian, baik Baksos maupun kegiatan lainnya yang dapat mempersatukan TNI dan rakyat, merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan secara baik dan berkesinambungan guna mewujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat Indonesia, dimana kesatupaduan TNI dengan rakyat adalah merupakan kekuatan utama untuk menjaga NKRI tetap utuh dan jaya hingga tercapainya cita-cita luhur bangsa, yakni Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” ujarnya.

Sementara itu, Danyonif 761/KA, Mayor Inf Misael Marthen Jenri Polii menjelaskan bahwa Baksos yang digelar para Prajurit 761/KA berupa pembagian masker yang dilanjutkan dengan penyerahan 50 bingkisan paket Sembako kepada warga Kampung Duwin.

Baca Juga:  Hadir di Sosialisasi Juknis Bintal Fungsi Komando TA 2020, Ini Harapan Kabintaldam

“Kami berharap, apa yang kita lakukan ini, sedikit banyaknya dapat membantu meringankan beban masyarakat Kampung Duwin. Sekaligus keberadaan Yonif 761/KA ini agar dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, khususnya di wilayah Manokwari,” ucap Danyonif 761/KA.

“Dengan demikian, kita menjadi lebih dekat dengan masyarakat, yang selanjutnya masyarakat lebih senang dengan keberadaan satuan Yonif 761/KA ini, dan pada akhirnya akan tercipta Kemanunggalan TNI dan Rakyat Indonesia, khususnya warga masyarakat Papua Barat yang berada di wilayah Kabupaten Manokwari dan sekitarnya,” tutupnya. (rls/tim)

Tinggalkan Balasan