Secara Virtual, 10 Perwira Kodam XVIII/Kasuari Mengikuti Upacara Diklapa II

oleh -
oleh

Manokwari, mitrasulawesi.id – Sebanyak 10 orang Perwira TNI AD berpangkat Kapten yang telah lolos menjadi siswa dalam Pendidikan Lanjutan Perwira II (Diklapa II), Rabu (26/8/2020) mengikuti upacara pembukaan Diklapa II Kecabangan TNI AD TA 2020 secara virtual melalui video coference (Vicon) dari ruang Puskodalopsdam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Upacara pembukaan Diklapa II Kecabangan TNI AD yang secara serentak diikuti oleh seluruh satuan jajaran TNI AD tersebut dipimpin Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letjen TNI Anto Mukti Putranto, S.Sos. dari Mako Kodiklatad, Bandung, Jawa Barat.

Dalam amanatnya Dankodiklatad mengatakan bahwa Diklapa II merupakan pendidikan tertinggi kecabangan TNI AD yang bertujuan untuk mengemban kemampuan para siswa agar memiliki sikap dan perilaku sebagai Prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, yang memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai Perwira pada jabatan Golongan 6.

Baca Juga:  Keluyuran Saat PSBB, Ratusan Warga Ditangkap Polres Gowa

“Melalui pendidikan ini kalian dituntut memiliki pola pikir, pola sikap, pola tindak yang semakin matang dalam menyongsong penugasan di masa mendatang yang dinamis dan berat. Kalian dapat memberikan tampilan terbaik karena Perwira Siswa (Pasis) disiapkan untuk menjadi calon-calon pemimpin yang andal, dengan dilandasi wawasan dan cakrawala pandang jauh ke depan,” kata Dankodiklatad.

Lebih lanjut dikatakan Jenderal bintang tiga ini bahwa saat ini proses Diklapa II menggunakan sistem out campus dan in campus.

Out campus terhitung mulai tanggal 26 Agustus sampai dengan 6 Oktober 2020. Adapun in campus-nya mulai tanggal 7 Oktober sampai dengan 15 Desember 2020,” ujarnya.

“Saya berharap nantinya para prajurit keluaran dari seluruh Pusdik jajaran Kodiklatad dapat lebih profesional dan siap menjalankan tugas dimana pun kalian akan ditugaskan,” sambung Letjen A.M. Putranto.

Baca Juga:  HMI Gowa Raya Ragukan Keamanan Aplikasi My Pertamina: Data Berpotensi Bocor Dipakai Pemilu

Terkait dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini dan guna memutus mata rantai penyebarannya di linglungan lembaga pendidikan (Lemdik), Dankodiklatad mengajak seluruh Pasis agar mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan Pemerintah RI, seperti memakai masker, rajin cuci tangan, dan melaksanakan social distancing, serta dan tidak pernah berhenti untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar senantiasa dalam lindungan-Nya.

Kepada para Komandan Pusdik dan Kecabangan di Kodiklatad beserta staf, Dankodiklatad menitipkan para siswa untuk dididik, dilatih, dan dibimbing, sesuai tujuan dan sasaran yang akan dicapai. Sedangkan kepada para siswa, diucapkan selamat belajar dan mengikuti proses pendidikan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga:  Aslog Kasdam XVIII/Kasuari Membuka Pembekalan Binaan Fungsi Logistik Tahun 2020

“Saya juga berpesan kepada kita semuanya, bekerjalah dengan hati. Insya Allah kita dapat ridho dari Allah SWT. Tetaplah menjaga sikap perilaku secara profesional dan yang paling penting untuk kita adalah bersyukur kepada Tuhan YME. Semoga Tuhan YME senantiasa memberikan petunjuk bimbingan dan lindungan-Nnya kepada kita sekalian dalam tugas dan pengabdian kepada Bangsa dan Negara,” tutup Dankodiklatad dalam amanatnya.

Untuk diketahui, 10 orang Pasis Diklapa II asal Kodam XVIII/Kasuari yang akan mengikuti pendidikan ini adalah Kapten Inf Dafrian, Kapten Inf Benny Taupiq I. Siregar, Kapten Inf Andy Supartono, Kapten Cpm Ari Siam Yotefa, Kapten Czi Erlan, Kapten Cku Ignatius B.W, Kapten Cpl Siswanto, Kapten Ctp Handy, Kapten Chk Imanuddin, dan satu orang Kowad yakni Kapten Ckm (K) Diah Regziana. (rls/tim)

Tinggalkan Balasan