Secara Virtual, Kodam XVIII/Kasuari Gelar Rapat Kordinasi Teknis

oleh -
oleh

Manokwari, mitrasulawesi.id – Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad) Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto selaku Pati Bidang Ren PJO TMMD pada Rakornis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 TA 2020 memimpin rapat koordinasi teknis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 TA. 2020 secara virtual dari Mabesad yang diikuti oleh seluruh Kotama jajaran TNI AD yang terdiri dari para Kasdam, Aster Kasdam, Kapendam. Selain itu juga para pejabat pemerintah daerah terkait dan wartawan pemenang Lomba Karya Jurnalistik TMMD 108.

Adapun dari Mabesad, selain Aster Kasad, juga hadir para pejabat terkait dari Mabes TNI, Mabes TNI AD, Kemendagri, dan lainnya.

Baca Juga:  Gelombang Aksi Mahasiswa Papua Merembet ke Kota Besar di Indonesia

Dari Kodam XVIII/Kasuari, video conference (Vicon) Rakornis TMMD tersebut diikuti oleh Wakil Asisten Teritorial Kasdam XVIII/Kasuari Letkol Arm Tejo Basuki, S.T., didampingi Wakapendam XVIII/Kasuari Letkol Inf Drs. Noenoeng Ertoto, M. Si. dari ruang Vicon Puskodalopsdam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

”Program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral dengan Kemen/LPNK dan komponen masyarakat, yang dilaksanakan secara gotong royong serta bukan domain dari TNI saja,” ungkap Aster Kasad dalam Vicon tersebut.

Pada kesempatan itu, Aster Kasad juga menyampaikan beberapa penekanannya diantaranya agar mengoordinasikan pelaksanaan TMMD dengan baik bersama Pemda dan komponen masyarakat di wilayah, menghindari hal-hal yang dapat merugikan personel dan materiil dengan memperhatikan faktor kemanan. Juga kepada para personel Satgas TMMD diminta agar selalu memedomani 8 Wajib TNI selama pelaksanaan tugas di lapangan.

Baca Juga:  Priska Adnan: Peringatan HKG PKK Menjadi Momentum Membangun Semangat Baru

“Optimalkan hasil yang dicapai selama pelaksanaan TMMD dan wujudkan tempat sasaran TMMD menjadi desa percontohan yang berwawasan kebangsaan dan pedomani protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 guna mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus,” pesan Aster Kasad.

Dalam Rakornis ini juga terungkap bahwa TMMD 108 TA 2020 yang bertema
‘TMMD Pengabdian Untuk Negeri’ ini akan berlangsung selama 30 hari, mulai 21 September hinggal 21 Oktober 2020 dan diselenggarakan oleh 47 Kodim di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Makin Benderang, PLN Luncurkan Smart Kuliner di PTB Maros

Untuk wilayah Kodam XVIII/Kasuari, TMMD 109 akan digelar oleh Kodim 1804/Kaimana dan akan berlangsung di Kampung Tanusan, Distrik Arguni Bawah, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat dengan sasaran fisik berupa pembuatan 8 unit rumah tipe 42 dan sasaran non fisik berupa penyuluhan Covid-19, wawasan kebangsaan (Wasbang), paham radikal, dan Kamtibmas.

“Pertimbangan Kampung Tanusan menjadi sasaran atau lokasi TMMD adalah karena warganya masih miskin, tingkat pendidikan dan perekonomiannya sangat rendah, bahkan kampung yang berada di daerah pesisit pantai ini belum memiliki sarana umum berupa listrik,” ungkap Kapendam XVIII/Kasuari, Kolonel Kav Zubaedi, S.Sos., M.M dalam rilisnya.(rls/tim)

Tinggalkan Balasan