Bersama Ketua Persit KCK, Pangdam XVIII/Kasuari Lakukan Kunker Ke Kabupaten Kaimana

oleh -
oleh

Kaimana, mitrasulawesi.id – Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han) dan Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari Ny. Ade Nyoman Cantiasa yang didampingi para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Senin (28/9/2020) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, yang merupakan salah satu wilayah tugas Kodam XVIII/Kasuari.

Kapendam XVIII/Kasuari Kolonel Kav Zubaedi, S.Sos., M.M. dalam Siaran Persnya mengungkapkan, sesaat setelah rombongan Pangdam XVIII/Kasuari yang berangkat dari Kota Kabupaten Manokwari mendarat di Bandara Utarom, Kabupaten Kaimana, Pangdam disambut dengan tarian adat dan penyematan Mahkota Adat Suku Kuri.

“Di Bandara, kedatangan Bapak Pangdam dan Ibu beserta rombongan pejabat Kodam disambut Forkopimda Kabupaten Kaimana. Setelah itu, Pangdam dan rombongan dengan didampingi Forkompimda Kaimana melanjutkan kegiatan meninjau lokasi pembangunan markas baru Yonif 764/IB di Kampung Tanggaromi Km. 22, Kaimana. Di sana Bapak Pangdam meninjau langsung bangunan Rumah jaga, Rumah Dan/Wadan, Rumah Pa Staf, Rumah Provos, dan Barak Siaga, yang dilanjutkan dengan penanaman pohon,” ungkap Kapendam.

Selanjutnya Pangdam XVIII/Kasuari dan rombongan menuju Markas Komando (Mako) Yonif 764/IB yang berada di Kampung Coa, Kaimana untuk bertindak selaku Pengambil Apel dalam kegiatan Apel Bersama Peringatan HUT Ke-2 Yonif 764/IB.

Dalam sambutannya Pangdam XVIII/Kasuari berharap, kehadiran Batalyon Infanteri 764/Iamba Baua (Yonif 764/IB) yang berada dibawah kendali Kodam XVIII/Kasuari akan dapat meningkatkan kemampuan Satuan Manuver Kodam dalam menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan, terutama dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Provinsi Papua Barat yang secara geografis sangat luas, dengan kondisi alam pegunungan dan hutan yang sulit dijangkau dengan menggunakan transportasi darat.

Baca Juga:  DMI Minta Masjid di Indonesia Laksanakan Qunut Nazilah

Terkait peringatan HUT Ke-2 Yonif 764/IB ini Pangdam XVIII/Kasuari juga menyadari bahwa masih banyak keterbatasan yang dihadapi oleh Komandan dan para Prajurit Batalyon dalam pelaksanaan tugasnya, karena keterbatasan pemenuhan organisasi satuan, kekurangan jumlah personel, keterbatasan dalam pembinaan latihan, keterbatasan material satuan, keterbatasan fasilitas pangkalan dan perumahan yang tersedia, yang menjadi tolok ukur dalam pembinaan Satuan Infanteri.

“Terkait dengan segala keterbatasan tersebut diatas, maka saya selaku Pangdam XVIII/Kasuari akan berupaya secara bertahap untuk membangun dan melengkapi satuan ini sehingga menjadi Batalyon Infanteri yang dapat dibanggakan oleh Kodam XVIII/Kasuari dan masyarakat Kaimana,” ujar Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Mengakhiri sambutannya, Pangdam menyampaikan atensi dan harapannya agar para Prajurit 764 senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME dan terus memlihara kedisiplinan sebagai nafas dalam kehidupan keprajuritan TNI Angkatan Darat.

“Selanjutnya, bangun kebersamaan dan jiwa korsa kebanggaan satuan, tingkatkan kemampuan profesionalisme prajurit, pelihara dan tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, serta tetaplah menjadi Patriot Pembela Rakyat, yang selalu melindungi rakyat sekaligus dicintai oleh rakyat,” pesannya.

“Ke depan, Pilkada serentak di Kaimana agar dapat berjalan dengan damai membutuhkan peran semua stakeholder yang ada di Kaimana. Disamping itu, mari kita lakukan edukasi kepada masyarakat kita, terkait pandemi Covid-19 yang tengah melanda negeri kita saat ini, termasuk di wilayah Papua Barat,” tambah orang nomer satu di Kodam XVIII/Kasuari ini.

Baca Juga:  Efek Pandemi, Bapenda Sulsel Bebaskan Denda Pajak untuk Petepete dan Mobil Barang

Mewarnai acara syukuran HUT Ke-2 Yonif 764/IA ini, Pangdam XVIIII/Kasuari melakukan pemotongan tumpeng dan diberikan kepada Prajurit Dua (Prada) Maniani, prajurit termuda di Yonif 764/IB. Pangdam dan rombongan dari Kodam XVIII/Kasuari serta para pejabat Forkopimda Fakfak dan tamu undangan lainnya disuguhi demonstrasi keterampilan para Prajurit Yonif 764/IB dalam hal Bela Diri Militer (BDM) dan Perkelahian Perorangan, Pembebasan Tawanan, dan unjuk kebolehan dari personel Komunitas Trail Kaimana.

Di akhir kunjungannya ke Yonif 764/IB, Pangdam XVIII/Kasuari menanam pohon Matoa di areal Mayonif dan memberikan dana pembinaan serta 3000 buah masker kesehatan kepada Yonif 764/IB, yang diterima oleh Danyonif Letkol Inf Chairi Suhanda.

Pada kesempatan itu juga sekaligus diberikan dana pembinaan dan 3000 buah masker kesehatan kepada Kodim 1804/Kaimana yang diterima oleh Dandim Letkol Inf Pomalanthon Badiaraja Tambunan untuk warga Kodim dan dibagikan kepada masyarakat Kaimana.

Kunjungi Kodim 1804/Kaimana

Usai hadir dan Mengambil Apel Bersama dalam rangka HUT Ke-2 Yonif 764/Iamba Baua, Pangdam dan rombongan dari Kodam XVIII/Kasuari melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kodim 1804/Kaimana. Di aula pertemuan Makodim, Pangdam XVIII/Kasuari bertatap muka dan memberikan arahan kepada para Prajurit berikut Persit KCK Kodim1804/Kaimana.

Baca Juga:  Pemuda Pemerhati UMKM Serukan 2020 UMKM Naik Kelas

Pada kesempatan itu, selain memperkenalkan diri selaku pejabat Pangdam XVIII/Kasuari yang baru, sekaligus mengingatkan agar menyiapkan dengan baik dan menyukseskan program 1000 Bintara Otsus yang mulai berjalan tahun ini (2020).

Kepada segenap Prajurit Kodim 1804/Kaimana Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa minta agar mereka terus dan harus menjaga semangatnya dalam menjalankan tugasnya. Adapun kepada istri-istri mereka yang tergabung dalam organisasi Persit KCK di Kodim 1804/Kaimana diminta untuk tetap setia, tulus, dan ikhlas dalam mendampingi suaminya didalam suka dan duka, serta senantiasa menjaga keharmonisan rumah tangganya

Kepada para Prajurit Kodim 1804/Kaimana dipesankan Pangdam agar terus menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Kaimana

“Bantu pemerintah daerah dan lakukan kegiatan Binter dengan baik. Ditengah pandemi Covid-19 saat ini, lakukan edukasi terhadao masyarakat dalam hal protokol kesehatan,” ujar Pangdam.

Terkait dengan kegiatan Pilkada serentak mendatang, Mayjen I Nyoman Cantiasa memerintahkan agar para Prajurit TNI AD di lingkungan Kodim 1804/Kaimana tetap menjaga netralitasnya dalam melaksanakan tugas.

“Junjung tinggi sinergitas kita dengan rekan-rekan kita dari Polres maupun aparat keamanan lainnya, sehingga kita akan menjadi semakin kuat,” tutupnya.

Pada kesempatan ini Pangdam XVIII/Kasuari juga melakukan penanaman pohon, yakni pohon mangga di halaman Makodim 1804/Kaimana. (rls/tim)

Tinggalkan Balasan