Pemda Gowa Siap Vaksin Warganya 14 Januari

oleh -

Mitrasulawesi.id,Gowa– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 ke beberapa daerah. Salah satu daerah yang mendapat vaksin Covid-19 adalah Kabupaten Gowa, Selasa (12/1).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gowa, dr Gaffar menjelaskan bahwa proses pendistribusian vaksin Covid-19 secara ketat. Vaksin Covid-19 didistribusikan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi ke Kabupaten Gowa menggunakan mobil khusus.

“Vaksin diambil dari gudang vaksin Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan yang dikawal langsung pihak kepolisian, Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dan Balai POM Sulsel untuk memastikan proses transportasi itu sesuai dengan standar yang harus dipenuhi. Sebelum pengiriman dicek dan sampai Gowa dicek lagi,” ujar dr Gaffar.

dr Gaffar menyebutkan jumlah vaksin Covid-19 yang sampai di Kabupaten Gowa sebanyak 4.000 vial untuk dua kali pemberian kepada 2.155 sasaran yang diprioritaskan untuk Tenaga Kesehatan. Saat ini vaksin disimpan di tempat penyimpanan khusus vaksin milik Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa.

Baca Juga:  DPD II Gowa Gelar Rapat, ini Harapan Ambas Syam

Untuk rencana vaksinasi, dr Gaffar menyebutkan akan dilaunching pada tanggal 14 Januari 2021 mendatang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Pencanangan atau launching vaksin ini akan melibatkan perwakilan Pemerintah Daerah, TNI-POLRI, organisasi masyarakat dan partai politik.

“Pencanangan akan diikuti seluruh Puskesmas di Kabupaten Gowa. kita akan bikin live event mudah-mudah bisa sesuai dengan kita harapkan. pendistribusian vaksin ke setiap Puskesmas kita rencana besok dengan melibatkan aparat secara struktur,” jelasnya.

dr Gaffar berharap dengan adanya vaksinasi ini bisa menekan angka kasus Covid-19 di Kabupaten Gowa terutama bagi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang bersentuhan dengan masyarakat. Dirinya juga berharap pelakasanaan vaksinasi ini mendapat dukungan dari masyarakat.

Baca Juga:  Turnamen Futsal Gowa di Ikuti dari Berbagai Daerah

“Kita harap dukungan publik sangat dibutuhkan karena masyarakat terlanjur disuguhi berita hoaks sehingga tidak bisa kita pungkiri ada masyarakat tidak percaya. Olehnya itu, mari terus kita edukasi masyarakat agar paham terkait hal ini,” harapnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang ditemui di ruang kerjanya menyambut baik kehadiran vaksin jenis Sinovac ini. Adnan berharap dengan ada vaksin, pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir di Indonesia khususnya di Kabupaten Gowa.

“Saya berharap vaksinasi Covid-19 ini untuk keselamatan kita semuanya dan kita dapat segera mengakhiri Covid-19 ini di wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan Indonesia secara keseluruhan. Semoga kita semua selalu sehat dan kita semua lalu dalam lindungan Allah SWT,” ujar Adnan.

Baca Juga:  Diduga Korban Mafia Tanah, Tanah Milik Warga Borisallo Diserobot

Selain itu, Bupati Adnan juga berharap masyarakat bisa ikut menyukseskan vaksinasi Covid-19 ini. Karena menurutnya vaksin ini telah memenuhi kriteria untuk menekan angka penularan Covid-19 dan telah mendapatkan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Saya mengingatkan masyarakat agar tidak terpengaruh dengan isu yang berkembang yang cenderung hoax atau menyesatkan mengenai vaksinasi Covid-19 , saya berharap masyarakat bisa mencari informasi dari orang-orang yang dapat dipercaya,” harapnya.

Selain itu, dirinya juga kembali mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga dan mematuhi serta menerapkan protokol kesehatan dengan cara memakai masker menjaga jarak tidak berkerumun dan tidak berkontak antara satu dengan yang lainnya. (JN/Ubbe)

Tinggalkan Balasan