Bappelitbangda Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Benteng

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Kepala Bappelitbangda Kepulauan Selayar, Drs. H. Basok Lewa, membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Benteng, yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Benteng, Jln. RE. Martadinata, Kamis (11/2/21).

Musrenbang ini dihadiri Anggota DPRD Muh. Aksa Ramadhan, Danposramil Benteng, Pelda Marwang dan yang mewakili Kapolsek Benteng, Lurah se Kecamatan Benteng, Kepala UPT. Puskesmas Benteng, para lingkungan, Tokoh masyarakat tokoh agama dan undangan lainnya.

Camat Benteng, Masdar J. Pratama, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Musrenbang ini tidak terlepas dari undang undang no. 32 tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah, dimana Musrenbang untuk Kecamatan Benteng diawali dengan Musrenbang Tingkat Kelurahan.

Baca Juga:  PLN Hardirkan PLTS Hybrid Terbesar di Sulawesi Selatan, Ternyata Ada di Selayar

“Musrenbang juga menjadi bahan evaluasi yang setiap tahunnya dilaksanakan dan sejauh mana usulan dilaksanakan,” jelas Camat Benteng, Masdar J. Pratama.

Sementara itu Kepala Bappelitbangda, Drs. H. Basok Lewa sebelum membuka secara resmi, dalam sambutannya mengatakan bahwa, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), meskipun itu berjalan setiap lima tahun.

“Karena kita (Kepulauan Selayar) baru selesai berpilkada dan telah ditetapkan pemenangnya, yakni H. Muh. Basli Ali dan H. Saiful Arif, sehingga enam bulan selesai di lantik RPJMD Ini, sudah harus tersusun hingga tahun 2026,” jelas Basok Lewa.

Baca Juga:  Sekda Apresiasi RS Apung dr. Lie Dharmawan II di Pulau Jampea

Ia juga menyampaikan, bahwa Visi Misi presiden harus kita sukseskan dan diakomodir ditingkat provinsi oleh Gubernur sampai ke tingkat Kabupaten oleh Bupati dan Walikota.

“Sementara Gubernur sampai Bupati juga punya visi dan misi. Oleh karena itu, dalam menyusun anggaran, bagaimana kita mendapatkan forsi anggaran tersebut, baik APBN dan APBD maupun Dana Alokasi Khusus,” jelasnya.

Musrenbang Kecamatan Benteng, tahun ini mengambil tema “Mewujudkan kota Benteng berdaya saing melalui percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi sosial dimasa Pandemi Covid – 19”.

Baca Juga:  Inilah Sosok BAS dengan Kepribadian yang Sederhanan Peduli dan Merakyat

Ketua Panitia Abd Rahman, S Sos, dalam Laporannya bahwa, salah satu tujuan Musrenbang adalah menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di Kecamatan.

“Sebelum Musrenbang Kecamatan di laksanakan, terlebih dahulu dilakukan musyawarah tingkat RT, RW dilanjutkan dengan Musrenbang Tiga Kelurahan dalam wilayah Kecamatan Benteng, diantaranya, Kelurahan Benteng Selatan, (2/2), Kelurahan Benteng Utara, (4/2) dan Kelurahan Benteng, (5/2),” urai Ketua Panitia, Abd. Rahman. (R)

Tinggalkan Balasan