ABM Berharap Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dimaksimalkan

oleh -
oleh

BeritaNasional.ID.Polman —Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2022, berlangsung di Polewali, Senin 12 April.

Musrenbang dibuka Gubernur Ali Baal Masdar bersama Ketua DPRD Sitti Suraida Suhardi.

Musrenbang bertema “Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pelayanan Dasar dan Pemulihan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat.” Tema tersebut, sesuai fokus program, kegiatan dan arah kebijakan pembangunan Provinsi Sulbar tahun.

Sesuai tema tersebut, Gubernur Sulbar berharap, percepatan pembangunan infrastrukur dimaksimalkan.

“Sesuai tema musrenbang, saya berharap percepatan pembangunan infrastruktur agar digenjot dan dimaksimalkan,” kata Gubernur dalam sambutan pembukaan musrenbang.

Dikemukakan, penyusunan rencana kerja tahun 2022 merupakan tahun terakhir RPJMD, yang hendaknya lebih fokus pada program strategis untuk pencapaian target dan janji kerja Tahun 2022. Penyusunan rencana kerja harus terarah, terukur, dan berkelanjutan. Selain itu, sinkron dan mendukung target RPJMD tahun 2002.

Baca Juga:  Guna Tekan Tindak Kriminal, Sat Shabara Polres Bantaeng Patroli di Malam Hari

“Saya berharap jangan lagi muncul program dan kegiatan yang tumpang tindih antara OPD, yang terjadi karena ego sektoral sehingga terjadi ketidaksinkronan perencanaan, sehingga sulit terwujud efesiensi dan efektivitas ” tutur pria yang kerap disapa ABM.

Mantan Bupati Polewali Mandar dua periode itu, menekankan juga perlunya selalu dilakukan koordinasi, sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah pusat provinsi dan kabupaten. Sangat penting juga, perencanaan harus mengedepankan
asas manfaat untuk rakyat. Diserukan juga seluruh stakeholder terkait memiliki semangat dan tekad masyarakat kemudian kiranya seluruh stakeholder terkait dapat memiliki semangat dan tekad selalu membiasakan yang benar. Bukan membenarkan kebiasaan.

Baca Juga:  Malkan Amin Sosok Pengusaha Sukses dan Politisi Kawakan dari Indonesia Timur

Dalam bagian lain sambutannya, Gubernur menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan para anggota DPRD Provinsi dan Forkopimda Sulawesi Barat, para pimpinan lembaga dan instansi vertikal, para bupati dan segenap jajaran Pemerintah Kabupaten, pimpinan partai politik, jajaran TNI dan Polri. Terima kasih ditujukan juga untuk para pimpinan perguruan tinggi, pimpinan dan anggota organisasi kemasyarakatan, organisasi non pemerintah / LSM, para wartawan media cetak elektronik dan online serta semua stakeholder, atas kebersamaan dan dukungan dalam pelaksanaan pembangunan selama ini, terutama menghadapi pandemi covid 19 dan bencana gempa bumi pertengahan Januari lalu.

Baca Juga:  Andi Ruskati Lantik Tiga Ketua TP. PKK Kabupaten

Musrenbang dihadiri ratusan peserta yang hadir secara langsung maupun daring (online). Hadir langsung Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris, Wakil Ketua DPRD Usman Suhuriah dan Abd Halim, dan unsur Forkopimda Sulbar. Hadir juga Bupati Mamasa Ramlan Badawi, Bupati Majene Lukman, Wakil Bupati Mamuju Ado Mas’ud bersama undangan lainnya.
Musrenbang diakhiri dengan penandatanganan berita acara musrenbang RKPD Provinsi Sulbar Tahun 2022. (farid)

Tinggalkan Balasan