Kwarcab Pramuka Selayar Launching Registrasi Gudep Gerakan Pramuka

oleh -

Selayar, mitrasulawesi.id – Sejumlah kepala sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, MTSN, SMA, MAN Dan SLB se kepulauan selayar mengikuti pelaunchingan registrasi gugus depan gerakan pramuka dan orientasi Ketua Majelis Pembimbing Gugus depan (Kamabigus), di Aula Kantor Bupati, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Benteng Selayar, Selasa (1/6/21).

Pelaunchingan dan orientasi ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif, selaku Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka, dihadiri Forkopimda, Staf ahli bidang kesejahtraan, Camat se Kepulauan Selayar, kepala kantor agama, kepala cabang dinas pendidikan wilayah VI.

Baca Juga:  Pjs Bupati Selayar Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Ketua Panitia Riswan ibrahim saat memberikan laporan, menjelaskan bahwa pelaksanaan orientasi Mabigus tersebut sebagai upaya peningkatan kompetensi para kepala sekolah di bidang kepramukaan, sehingga ke depan kepala sekolah meningkatkan peran sertanya dan mengaktifkan kegiatan kepramukaan di sekolah atau di gugus depan masing – masing.

“Melaksanakan kebijakan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan berdasarkan peraturan perundang-undangan di bidang pramuka dan memberikan pemahaman kepramukaan kepada Kamabigus dan pembina pramuka gugus depan,” kata ketua panitia.

Kepala dinas pendidikan, pemuda dan olahraga kepulauan selayar Drs. Mustakim mengungkapkan gerakan pramuka merupakan organisasi mendunia yang sudah terbukti dan terpuji sebagai salahsatu pendidikan karakter terbaik

Baca Juga:  MBA Salurkan Ratusan Paket Bantuan Beras di Pasilambena

“Kita ketahui bersama gerakan pramuka adalah wadah untuk membimbing dan membina generasi muda agar mereka bisa menjadi manusia yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa memiliki kepribadian yang tangguh, trampil dan berpengetahuan sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi, dan berharap agar ketua mabigus mengikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya sehingga menjadi bekal nantinya melaksanakan kegiata kepramukaan,” jelas Mustakim.

Sementara itu, Wakil Bupati selayar H. Saiful arif mengungkapkan pendidikan kepramukaan di satuan pendidikan sebagai mewujudkan generasi emas bangsa.

Baca Juga:  Andi Dwiyanti Musrifah Gagas Program SIP OK DEH Bantu Perajin

“Keberadaan gugus depan di satuan pendidikan tentunya harus di dukung semua unsur sekolah, terutama kepala sekolah,” tegas Saiful Arif.

Wakil Bupati ini juga menambahkan bahwa ketua pembimbing mabigus dan pembina pramuka handal dalam melakukan pembinaan terhadap peserta didik orientasi kepramukaan mabigus dan pembinaan adalah salah satu modal awal.

“Dan memberikan pemahaman agar pentingnya melaksanakan pendidikan kepramukaan di satuan pendidikan sebagai mewujudkan generasi emas bangsa di masa yang akan datang,” tutup saiful.

Tinggalkan Balasan