Wabup Saiful Arif Buka Pelatihan Pencarian dan Pertolongan Basarnas

oleh -

Selayar, mitrasulawesi.id – Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH membuka pelatihan potensi pencarian dan pertolongan (Basarnas) yang ditandai dengan pemukulan gong bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (02/06/2021).

Turut hadir Dandim 1415 Selayar, Kapolres Kepulauan Selayar, para kepala OPD terkait dan seluruh seluruh peserta pelatihan SAR.

Penyelenggaraan kegiatan bertujuan untuk melaksanakan pembinaan dan koordinasi SAR antara pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Sulawesi Selatan, dengan seluruh Instansi atau organisasi berpotensi SAR di wilayah kerja kantor pencarian dan pertolongan Makassar baik yang berasal dari instansi pemerintah, TNI / Polri, organisasi maupun swasta.

Baca Juga:  Masjid Bahrul 'Ulum SMK Negeri 3 Selayar Dibangun

Pelatihan SAR daerah dan pelatihan potensi SAR yang dilaksanakan ini merupakan bentuk pembelajaran awal yang dilakukan oleh badan nasional pencarian dan pertolongan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan serta pembentukan sikap mental kepada para peserta.

Wakil Bupati berharap setelah menyelesaikan progam pelatihan ini, para peserta nantinya akan memiliki sikap mental sebagai potensi SAR dibidang kemanusiaan dan mampu mengimplementasikan seluruh teori dan keterampilan yang didapat selama latihan untuk keperluan teknis operasional dilapangan pada saat dibutuhkan guna menangani kecelakaan atau musibah dan bencana yang terjadi dengan cepat dan maksimal, ujarnya.

Baca Juga:  Tim Kesehatan TMMD ke 111 Kodim Selayar Standby 24 Jam di Lokasi

Lanjut Wabub, kepada Panitia dan penyelenggara, segenap tenaga instruktur dan pembimbing, saya ucapkan selamat bekerja, semoga latihan ini dapat berjalan dengan lancar, dan saya berharap agar saudara – saudara terus menjaga kualitas pelatihan yang sudah terbina dengan baik serta serta memiliki visi dan misi yang sama sebagai potensi SAR sehingga hasil dari latihan dapat digunakan secara optimal.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya disertai ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan latihan SAR daerah dan pelatihan potensi ini. Tutup.

Baca Juga:  Poles Kampung Tola, Begini Ekspresi Warga Kepada TMMD dan Dandim 1415 Selayar

Sementara Kepala Kantor Basarnas Sulawesi Selatan, Dr. Djunaedi., S. Sos,. MM mengatakan, latihan SAR daerah dan latihan potensi SAR adalah salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan kita agar menjadi tim yang handal dalam rangka antisipasi kecelakaan atau bencana yang terjadi baik kecelakaan Penerbangan, pelayaran, bencana alam dan kondisi yang membahayakan manusia.

Dikabarkan mulai Rabu (02/06/2021) akan diadakan pelatihan pertolongan di Laut. (*)

Tinggalkan Balasan