Hut Ke-76 TNI, Bupati Gowa : Keberadaan TNI Mendorong Kemajuan Suatu Daerah

oleh -
oleh

Gowa, mitrasulawesi.id — Peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) bukan hanya dalam pertahanan negara. Tetapi juga bertugas untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat Indonesia.

Bahkan adanya sinergitas yang dilakukan antara TNI dan pemerintah daerah mampu mendukung percepatan pembangunan daerah.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada Peringatan HUT Ke-76 TNI yang berlangsung di Lapangan Makodim 1409/Gowa, Sungguminasa, Selasa (5/10).

Bupati Adnan mengatakan, dengan keberadaan TNI yang mampu membantu pemerintah dalam mendorong kemajuan daerah diharapkan terus mampu meningkatkan sinergi. Utamanya dalam upaya mempercepat progres pembangunan di Kabupaten Gowa.

“TNI, Polri, dan pemerintah adalah satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan dalam membangun wilayah yang kita cintai bersama ini,” jelas Adnan.

Menurutnya, salah satu peran TNI adalah membantu pergerakan ekonomi, dimana hal tersebut dapat terjadi apabila tercipta keamanan di suatu wilayah dan TNI/Polri adalah pihak yang menjamin keamanan dan ketertiban tersebut bisa terwujud.

Baca Juga:  Warga Kelurahan Manahan Terima Bantuan Sembako, Sudarto : Terima Kasih TNI-Polri

“Meskipun di masa pandemi Covid-19 semua ekonomi di daerah lain terjun bebas. Alhamdulillah Kabupaten Gowa tetap bertumbuh positif meski hanya satu persen. Hal ini karena adanya situasi yang aman dan kondusif untuk melakukan investasi,” katanya.

Kegiatan HUT TNI di Gowa ini juga dirangkaikan dengan vaksinasi yang diperuntukkan bagi kelompok pelajar, hingga masyarakat umum lainnya yang berlangsung di Makodim ditargetkan sebanyak 1.000 dosis. Sementara untuk masing-masing Koramil ditargetkan sebanyak 500 dosis.

“Saya berharap di HUT Ke-76 TNI ini, TNI tetap dekat dengan rakyat. Karena TNI adalah milik rakyat sehingga kita mampu terus berkomitmen membangun negeri yang kita cintai ini,” harap Bupati Gowa dua periode ini.

Baca Juga:  Gandeng KKP, Kodam XVIII/Kasuari Cegah Masuknya Covid -19

Sementara itu Dandim 1409/Gowa, Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo didampingi Kasdim Mayor Inf Eko Sulistiono saat ditemui seusai acara menyampaikan bahwa selain vaksinasi, juga ada kegiatan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak covid-19.

“Paket sembako yang kita distribusikan ini didukung dari Kodam IV Hasanuddin yang jumlah sebanyak 714 paket, namun pihak Kodim 1409 menambahkan sebanyak 100 paket, jadi sekitar 814 paket yang kita distribusi. Sedangkan untuk RTLH sudah rampung dan telah diserahkan kepada 8 kepala keluarga yang membutuhkan,” terangnya

Baca Juga:  Kemensos Berikan 18.667 Terima BST di Gowa, Bontomarannu 1.265

Menurutnya, pemberian bantuan ini adalah sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dan menjadi wujud kepedulian kepada masyarakat kurang mampu khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Gowa.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas sinergi yang sudah terjalin selama ini, serta berpesan untuk terus mempererat kebersamaan dan soliditas di masa yang akan datang.

“Tetap semangat membangun dan bersinergi bersama. Mari bersatu, berjuang, kita pasti menang,” tutupnya mengutip tema HUT TNI tahun ini.

Selanjutnya, Bupati Gowa bersama Kapolres Gowa dan Dandim 1409/Gowa juga mengikuti rangkaian upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI secara virtual di Lapangan Hasanuddin Makassar kemudian dilanjutkan dengan syukuran di Balai Prajurit Jendral M. Jusuf Makassar. (PS)

Tinggalkan Balasan