Wabup Selayar Pantau Pelaksanaan Kuliah Perdana Mahasiswa Unhas Kampus Selayar

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif , S.H. datang pantau pelaksanaan kuliah perdana mahasiswa Universitas Hasanuddin kampus selayar Tahun akademik 2021/2022 di kampus Unhas jl.Syarif Alqadri ,senin, (4/10/2021).

Acara pelaksanaan kuliah perdana tersebut dihadiri oleh para Dosen dari unhas, Tim Vokasi Unhas, ketua program studi, para pengurus unhas dan mahasiswa angkatan pertama program studi budidaya laut dan pantai.

Wabub Saiful Arif sangat mengapresiasi atas terlaksananya program studi antar pemerintah Kabupaten selayar dengan pihak dari Unhas, tidak lain dengan tujuan untuk memajukan SDM yang tentunya buat masyarakat selayar, khususnya putra putri selayar daerah yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi.

“Ini menjadi hal yang sangat penting karena betapapun banyaknya potensi SDM kita, betapapun kayanya sumber daya alam (SDA) kita tetapi tidak ditangani oleh SDM yang bekualitas, maka itu akan menjadi kehilangan makna,” ucap orang nomor dua itu di selayar.

Dalam pantaunnya Saiful Arif juga mengatakan dengan adanya kerjasama, maka ini menjadi salah satu indikator keberhasilan pemerintah daerah kalau Index Pembangunan Manusia (IPM) tinggi, ini jg mempunyai manfaat ekonomi dimana dengan adanya perguruan tinggi di selayar anak – anak tidak perlu lagi ke makassar, jadi uang yang akan dibelanjakan di makasar akan tetap berputar di selayar yang nantinya bisa meminimalisir pengeluaran bagi mereka yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

lain hal dengan Ketua Progran Studi (KPS) Dr. Marlina Achmad, SP.i.,M.Si., mengatakan bahwa secara administratif ada lima wilayah kecamatan yang berada di kepulauan sangat sejalan dengan apa yang dikerjasamakan antara pemkab kepulauan selayar dengan pihak Unhas.

Fakultas ilmu Pengetahuan Perikanan program studi budidaya laut nantinya akan mampu memberikan ilmu atau wawasan dimana nantinya bisa menghandle atau menjaga ekosistem melalui program studi budidaya laut dan pantai yang telah mereka pelajari, sambungnya.

Kami dari pihak Unhas bersama Pemda kepulauan selayar menginginkan generasi penerus ini dapat memenuhi skill dan bisa mengadopsi tehnologi budidaya.

“Sebagai angkatan pertama menjadi harapan pemda selayar untuk bisa memanejemen atau menjadi orang yang bertanggung jawab kedepannya untuk kabupaten kepulauan selayar khususnya dibidan program budidaya laut dan pantai,” tutup Marlina.