Dinas PMD Selayar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Selayar melalui bidang pengembangan kerja sama pemberdayaan, kelembagaan, sosial budaya masyarakat, melakukan pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan (RT,RW, PKK, posyandu, LPM dan karang taruna), lembaga adat desa/kelurahan dan masyarakat hukum adat Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2021.

Pelatihan ini berlangsung di Aula Dinas PMD, Kamis (14/10/2021), serta dibuka oleh Sekretaris Dinas PMD Hj. Andi Ros Irma, S.Sos, mewakili Kepala Dinas.

Sedangkan pesertanya diikuti oleh delapan desa, yaitu Desa Barugaiya, Desa Mare-Mare, Bontosunggu, Bontotangnga, Harapan, Patikarya, Buki, dan Desa Mekar Indah. Setiap Desa terdiri dari RT, RW, PKK, posyandu, LPM dan karang taruna.

Sekretaris Dinas PMD Hj. Andi Ros Irma menyampaikan bahwa pelatihan itu dimaksudkan untuk mengoptimalkan peran dan fungsi lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra pemerintah desa dalam hubungan kerja yang harmonis.

Sedangkan tujuannya lanjut Hj. Andi Ros Irma adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi Lembaga kemasyarakatan desa, meningkatkan pemahaman tentang peran dan kedudukan lembaga kemasyarakatan desa, serta meningkatkan pemahaman tentang kewajiban lembaga kemasyarakatan desa.

Dikatakan dengan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan desa, diharapkan dapat mengembangkan kemandirian lembaga kemasyarakatan desa dengan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan.

“Saya meminta kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan penuh perhatian, agar ilmu yang didapatkan dapat diterapkan setelah kembali ke desa masing-masing,” ucap Sekretaris PMD Hj. Andi Ros Irma. (Diskominfo-SP/Firman)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.