Terima Penghargaan APE, Bupati Adnan: Alhamdulillah Ini Berkat Kerjasama Kita Semua

oleh -
oleh

GOWA, mitrasulawesi.id — Pemerintah Kabupaten Gowa berhasil menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Penganugerahan APE tersebut diberikan kepada pemerintah daerah atau lembaga lainnya yang memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender atau PUG. Sehingga pihak-pihak yang dinilai berhasil dalam mencapai dan menunjukkan komitmennya dalam pencapaian kesetaraan gender ini dianggap perlu diberikan apresiasi.

Menanggapi hal ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan pihaknya mengapresiasi kinerja seluruh pihak yang ada atas pencapaian APE tersebut dan berhasil meraih Tingkat Madya.

“Alhamdulillah ini berkat kerjasama seluruh pihak sehingga kita bisa meraih penghargaan APE ini pada tingkat Madya. Kita berharap kedepan bisa ditingkatkan lagi pada kategori utama bahkan mentor,” ungkapnya usai mengikuti Acara Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 melalui virtual, di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa, Rabu, (13/10).

Baca Juga:  Mengenal Sejarah Kabupaten Sinjai dan Potensinya

Selain itu ia mengaku, penghargaan ini menjadi momentum untuk berbenah dalam pencapaian-pencapaian untuk menaikkan level Gowa. Menurutnya pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender sudah sesuai perencanaan yang ada.

“Bagi kami pemberdayan perempuan di Kabupaten Gowa sudah sesuai dengan perencanaan yang ada karena kita menganggap tidak ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki selama dia mampu dan cakap maka kita tidak melihat jenis kelaminnya. Jadi semoga capaian ini mampu dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi,” jelas Adnan.

Baca Juga:  Sekcam Biringkanaya: Pegawai yang Tidak Hadir Apel Pagi Tanpa Sebab Akan Dievaluasi

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham mengatakan ada tujuh indikator atau poin penilaian sehingga Gowa berhasil meraih penghargaan ini yakni kebijakan, anggaran, partisipasi, komitmen kelembagaan, Sumber Daya Manusia, alat analisis gender dan data gender.

“Jadi tujuh poin ini kita lakukan penginputan ke dalam aplikasi lalu dilakukan perengkingan oleh tim penilai dari Kementeria PPPA dan Alhamdulillah Gowa bisa meraih Kategori Madya meskipun baru pertama kali mendapatkan penghargaan ini,” jelasnya.

Sementara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengungkapkan penghargaan ini diberikan setiao dua tahun dekali kepada lembaga/kementerian, pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota karena dianggap berperan dalam pengarusutamaan gender.

Baca Juga:  TNI Peduli, Kodim 1803 Fakfak Tinjau Pelaksana TMMD

Dalam penerimaan APE 2020 ini, Kabupaten Gowa berhasil menerima kategori tingkat madya atau pengembangan. Dimana dalam kategori penerima APE ini terdapat empat kategori yakni tingkat pratama (pemula), tingkat madya (pengembangan), tingkat utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan tingkat mentor.

“Ini sebagai bentuk apresiasi kepada daerah atas usaha-usaha dan implememtasinya dalam pengarusutamaan gender. Terdapat 13 kementerian lembaga, 29 provinsi, dan 266 kabupaten dan kota yang meraih penghargaan ini,” jelasnya. (NH)

Tinggalkan Balasan