Kembangkan Pariwisata Selayar, Bupati Selayar Kunjungi Labuan Bajo

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Dalam rangka pengembangan potensi wisata diwilayahnya, Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali melakukan kunjungan wisata di Labuan Bajo Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur (NTT)

Kunjungan H. Muh. Basli Ali selaku Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar tersebut diterima secara langsung oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng di ruang kerjanya, Rabu (27/10/21).

Pada hantaran katanya, Bupati Basli didampingi OPD terkait menyampaikan alasan pihaknya memilih Labuan Bajo sebagai lokasi studi banding karena daerah ini disebut berhasil dalam mengembangakan potensi wisatanya.

Selain itu, Labuan Bajo dinilai memiliki kesamaan karakter dengan Kabupaten Kepulauan Selayar yang identik dengan wisata bahari dan panorama lautnya.

“Secara karakteristik wiliyah Kepulauan Selayar punya kemiripin dengan Labuan Bajo, daerah pesisir serta  menyajikan panorama laut sebagai obyek wisata utamanya” cetusnya

Bupati berharap dari kunjungannya, mendapatkan pembelajaran wisata, sehingga pihaknya mendapatkan tambahan eferensi, kiat dan strategi serta bagaimana memulai mengembangkan pariwisata seperti Labuan Bajo yang dinilai sektor pariwisatanya mengalami perkembangan pesat

Tak sekadar ingin mempelajari strategi dan teknik pengembannya, tapi juga pembelajaran terkait kontribusi serta dampak dari berbagai aspek yang ditimbulkan atas kehadiran para investor didaerah Labuan Bajo ini.

“Jangan sampai, dan tentu kita tidak ingin jika perkembangan pariwisata ini, income nya hanya dinikmati pihak investor” cetusnya

Mengakhiri penyampaiannya, Bupati Basli Ali menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas sambutan penerimaan pemerintah Manggarai Barat NTT.

“Terima kasih sambutan penerimaan dan keramahan masyarakat dan Pemerintah Manggarai Barat atas kunjungan kami”

Wakil Bupati Manggarai Barat NTT, Yulianus Weng. M. Kes, menjelaskan dan sekilas mengulas  bagaimana Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat NTT mengawali dan berbenah dalam pembangunan Pariwisata.

Dikatakan bahwa perkembangan sektor Pariwisata di Manggarai Barat NTT tak lepas dari dukungan pemerintah pusat, Yusuf Kalla saat itu melalui event Sail Pulau Komodo, hingga kemudian mendapat perhatian  khusus dari pemerintah pusat  melalui kebijakan Presiden Jokowi.

Usai penerimaan, acara kemudian dilanjutkan dengan penjajakan kerjasama antara Pemkab. Kepulauan Selayar dan Pemkab Manggarai Barat terkait pengembangan pariwisata dengan melibatkan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo – Flores. (Kominfo-IC)