Mau Tahu Kriteria Rektor yang Ideal ? Simak Ulasan BEM Kema Fsip Unibos Makassar

oleh -
oleh
Sebelah kir Ketua BEM Kema Fisip Unibos Makassar, Ikram

Makassar, MitraSulawesi.id– Pusat Kajian Politik dan Demokrasi (PKPD) FISIP Universitas Bosowa bekerja sama dengan Panitia Penjaringan Calon Rektor Universitas Bosowa Periode 2022-2026 telah melaksanakan polling sederhana secara online, terhadap 10 nama yang didorong untuk bertarung pada pemilihan Rektor Universitas Bosowa mendatang.

Berdasar dari hal di atas Ketua BEM Kema Fisip Unibos Makassar, Ikram berharap pemilihan rektor tersebut bisa menghadirkan sosok pemimpin baru yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan kualitas yang mumpuni, untuk melengkapi dan melanjutkan berbagai kemajuan dan prestasi yang telah ditorehkan oleh Rektor lama.

Baca Juga:  Ujian Meja Bachtiar Adnan Kusuma Dinobatkan Guru Kehidupan

“Karena Rektor merupakan aktor utama atau figur representatif dari suatu universitas dalam mengangkat reputasi atau citra perguruan tinggi Universitas Bosowa di mata publik nantinya. maka dalam pemilihan rektor nanti, kami berharap agar dilakukan kualifikasi yang ketat dan bertanggung jawab. Agar pemilihan rektor nantinya dapat terselenggara secara selektif, adil dan jujur”, ujar Ketum BEM Kema Fisip Unibos, Baso Muhammad Ikram ke awak media kami Sabtu 12/02/22.

Baca Juga:  Klarifikasi Kadis Kesehatan Sulsel, yang Dituding Corona

Ia menilai memimpin Perguruan Tinggi Swasta (PTS), selain mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Rektor PTS harus mampu berfikir tentang keberlanjutan kampus, sehingga dibutuhkan sosok rektor yang cerdas dalam manajemen perguruan tinggi dan dapat memahami pengelolaan finansial dalam organisasi sebesar Universitas.

“Kami juga berharap, Rektor yang akan datang, tidak membatasi gerakan mahasiswa dan harus saling terbuka dengan mahasiswa baik dalam pendanaan maupun kegiatan yang dilakukan,” lanjut Ikram.

Baca Juga:  Wakil Rektor BPP HIPMI PT : Kiblat HIPMI PT adalah SULSEL

“Oleh karena itu, kriteria Rektor yang ideal menurut kami adalah seorang rektor yang memiliki jiwa leadership, kualitas akademik yang baik, daya analitik yang kuat, kemampuan manajerial yang hebat, kreativitas yang tinggi, sehingga akan mampu menjadi role model, bukan hanya bagi segenap civitas akademika, tetapi juga bagi kampus lainnya,” tutupnya.(HK/tim)

Tinggalkan Balasan