Alamsyah Akan Sulap Kecamatan Tallo Menjadi Destinasi Wisata Alam dan Budaya

oleh -

Makassar, MitraSulawesi.id– Pemerintah Kecamatan Tallo Kota Makassar berencana akan mengembankan destinasi Wisata Pantai Manggarabombang (Marbo) yang terletak di utara Kelurahan Tallo Kecamatan Tallo Kota Makassar Kamis, 17/02/22.

Pantai marbo diketahui mempunyai potensi tujuan destinasi wisata lokal yang bakal di kunjungi oleh masyarakat.

Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin saat di temui diruang kerjanya mengungkapkan, kalau dirinya pernah berkunjung untuk melihat langsung potensi pesisir pantai manggarabombang sebagai destinasi wisata lokal.

“Saya melihat ada potensi wisata cukup besar di pantai Marbo. Dari itu, kami berharap ada sentuhan Pemerintah dan mungkin kedepan terkoordinasi dengan dinas pariwisata untuk pengembangan wisata disana, jadi masyarakat Kota Makassar tidak lagi terfokus di pantai losari saja,” ungkapnya.

“Potensi pantai manggarabombang ini dengan sentuhan kolaborasi masyarakat setempat dan pemerintah, pantai manggarabombang bisa dipoles agar mendatangkan pecinta pecinta laut untuk berkunjung,” harap Alamsyah.

Alamsyah juga menjelaskan secara umum infrastruktur disanai sekitar pantai manggarabombang sudah dibangun sejak tahun 2012.

“Olehnya itu, kami berencana mengadakan kegiatan senam dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, komunitas pencinta Alam, ASN dan PKK se Kecamatan Tallo,” tuturnya.

Menurutnya Kegiatan tersebut untuk memperkenalkan secara umum pantai marbo dan melihat potensi yang ada di pantai Marbo sehingga bisa dipasarkan menjadi Aikon Parawisata Kecamatan Tallo.

“Pantai Marbo memiliki titik spot untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenang di sore hari dan yang kedua airnya sangat bagus sehingga anak-anak di sana kalau sore hari berkumpul untuk berenang,” ungkap Alamsyah.

Tidak hanya itu Alamsyah juga akan kembangkan pantai tersebut dengan pelayanan banana booth, dan menyiapkan UMKM berbasis makanan, minuman dan area dokumentasi gambar bagi wisatawan lokal yang berkunjung.

“Jadi sisa tinggal kita sosialisasi, memberi edukasi dan pemberdayaan masyarakat yang ada disana untuk membuka ruang terhadap potensi yang ada,” tambahnya.

Masih ditempat yang sama Alamsyah juga mengungkapkan, Kecamatan Tallo memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan salah satunya, pengembangan kultur budaya.

“Disini ada juga situs budaya, sehingga wisatawan ketika berkunjung di pantai bisa juga berwisata ke makam raja-raja Tallo dengan jarak yang tidak jauh dari pantai manggarabombang (Marbo) agar bagaimana bisa berintegrasi kebudayaan dan parawisata di Kecamatan Tallo,” jelasnya.

“Untuk itu pengelolaan dan pemeliharaan kami akan melakukan tentunya bagaimana kita maintenance, dan meningkatkan kesadaran masyarakat karena ini harus diolah dengan baik, jadi masyarakat harus merasa memilik dan kedua manakala ini bisa berkembang dengan baik di kemudian hari ini bisa mewujudkan harapan pemerintah, apalagi pantai ini jika menjadi destinasi wisata akan menjadi salah satu pendapatan daerah,” jelasnya.

“Jadi harapan kami destinasi terbuka perputaran ekonomi masyarakat terputar ekonomi kota jalan Insya Allah kita bisa membangun infrastrukturnya,” (HK/tim)