Bapenda Sulsel Luncurkan Inovasi Samsat Ladies

oleh -

Makassar, Mitrasulawesi —Satu lagi inovasi yang dilakukan Tim Pembina Samsat Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk memberikan pelayanan prima pada wajib pajak di Sulsel, yang baru-baru ini diluncurkan dan diberi nama Samsat Ladies.

Peluncuran dilakukan Tim Pembina Sulsel yang terdiri dari Kepala Bapenda Sulsel H. Andi Sumardi Sulaiman S.Sos, M.Si, Dirlantas Polda Sulsel Kombes Faizal SIK, MH, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sulsel Hendriawanto, di Samsat Pembantu Pettarani Makassar, Kamis 7 April 2022.

Sesuai siaran Pers yang diterima Media Sulsel, Senin (11/4/2022) Samsat Ladies merupakan inovasi yang menghadirkan wanita-wanita dari tiga instansi yakni Bapenda Sulsel, Ditlantas Polda Sulsel, dan Jasa Raharja Sulsel sebagai petugas yang melayani langsung wajib pajak yang membayar pajak kendaraan bermotor.

H. A. Sumardi Sulaiman mengatakan, Samsat Ladies hadir untuk meningkatkan kualitas pelayanan di kantor Samsat Pembantu Pettarani Makassar dengan mengedepankan nilai-nilai kewanitaan sehingga diharapkan pelayanannya lebih ramah, lebih sopan, lebih taat admnistrasi, lebih rapi dalam pengarsipan, dan lebih professional.

Kepala Bapenda Sulsel juga menambahkan, bahwa kantor Samsat Pettarani harus bersih, teratur, dan rapih mulai dari lobby sampai toilet harus harum sehingga Samsat Pembantu Pettarani akan menjadi percontohan di Sulsel. Dengan demikian Sumardi berharap Samsat Pettarani dapat menghasilkan penerimaan PKB, BBNKB, dan SWDKLJJ, dan PNBP yang lebih tinggi lagi.

Peluncuran Samsat Ladies ditandai dengan pengguntingan pita oleh Dirlantas Polda Sulsel Kombes Faizal SIK, MH, didampingi Tim Pembina Sulsel Kepala Bapenda Sulsel H. Andi Sumardi Sulaiman S.Sos dan Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sulsel Hendriawanto.

Hadir juga Plt Sekretaris Bapenda Sulsel Andi Satriady Sakka, Kepala Bidang PAD Bapenda Sulsel Darmayani Mansur, Plt Kabid TSI Jasman, Kepala UPT Makassar I Selatan Rajab, Kepala UPT Makassar II Utara Andi Fitri Dwi Cahyawati, Kepala UPT Gowa Zulkarnain Malik, Kepala UPT Maros Sukur, serta sejumlah pejabat lainnya.

Dirlantas Polda Sulsel Kombes Faizal SIK, MH, mengatakan, Samsat Ladies sebelumnya telah hadir di Jawa Barat dan kini hadir di Sulsel yakni di Samsat Pembantu Pettarani. “Kita yang kedua di Indonesia,” tegasnya.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sulsel Hendriawanto menambahkan, kehadiran Samsat Ladies diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pajak dan SWDKLJJ yang nantinya penggunannya akan dikembalikan kepada wajib pajak.