Begini Cara Dinas Perpustakaan Makassar Kurangi Pengangguran

oleh -

Makassar,Mitrasulawesi.id– Satu lagi inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Namanya Magang Mandiri Khusus Alumni atau disingkat Mariki.

Kontribusi inovasi MARIKI dari Dinas Perpustakaan Makassar, tidak hanya menghasilkan peluang kerja dan memenuhi kebutuhan tenaga perpustakaan yang mendesak, tetapi dampaknya juga pada SDGs yakni dapat mengurangi angka pengangguran di Kota Makassar.

Angka pengangguran di Kota Makassar sebanyak 15,92% atau 110.828 orang dari jumlah angkatan kerja yakni 696.158 orang (Data BPS 2020).

Hasil sementara, dari inovasi MARIKI yang sudah disalurkan bekerja di beberapa Perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar dapat mengurangi angka pengangguran sebanyak 0,002%.

“Walaupun angkanya masih kecil dan ada yang memandang inovasi ini sepele namun akan menjadi dukungan positif yang baik bagi perekonomian dan masyarakat serta mendorong pembangunan berkelanjutan melalui capaian indikator untuk mencegah pengangguran di usia produktif,” ujar Kadis Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo, Senin 11 April 2022.

Saat ini inovasi MARIKI masuk dalam Top 30 Inovasi untuk Pemerintah Provinsi Sulsel. (Rls/tim)