Sambut Pemilu Serentak 2024, Alumni SKPP Bawaslu Luwu Utara Gelar Ngobrol Pemilu

oleh -
oleh

Luwu Utara, Mitrasulawesi.id – Alumni Sekolah Kader Pengawas Pemilu Partisipatif (SKPP) Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Luwu Utara yang diberi nama Aksi Sekolah Demokrasi (AKSELERASI) bekerja sama dengan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Gelar Ngobrol Pemilu (Ngopi) Menyambut Pemilu Serentak 2024 di warkop Daeng Asis pada Rabu,10/8/2022.

Adapun Narasumber dalam Ngopi tersebut yaitu perwakilan dari Bawaslu, Polres Lutra, Kajari ,KPU, Bakesbangpol, dan juga dihadiri oleh Organisasi Kepemudaan yang ada di Luwu Utara.

Baca Juga:  READSI Luwu Utara Gelar Sosialisasi Bimbingan Lanjutan Pada Kelompok Binaan

Pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Muhajirin,S.S Selaku Ketua Bawaslu menyampaikan bahwa, salah satu kesiapan dalam menyambut pemilu yaitu dengan mengumpulkan berbagai ide, sehingga pelaksanaan pemilu dapat berkualitas serta bermartabat, dan salah satu caranya yaitu dengan miminimalisir Money Politik atau Politik Uang.

Ia juga menegaskan bahwa Bawaslu akan terus melaksanakn sosialisasi kepada masyarakat, sehingga pelanggaran dalam pemilu dapat di cegah, sebab politik uang adalah hal urgen yang harus di benahi, meskipun ini memang tidaklah mudah namun tidak mustahil juga, sebab itulah perlunya peran seluruh masyarakat terkhusus pemuda, karna mereka adalah pelanjut estafet kepemimpinan kelak.

Baca Juga:  Tiga Tahun Terkahir, IPM Luwu Utara Meningkat

Sementara Ketua PC PMII Luwu Utara Andi Putra mengatakan dialog ini sebagai momentum untuk merefleksi Pemilu di tahun sebelumnya agar Pemilu mendatang tidak akan terjebak pada isu pada Pemilu tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Guna Cegah Pandemi Covid-19, Lurah Bone Gelar Rakor

“Kegiatan ini juga merespon tentang kesadaran pemuda agar sadar terhindar dari money politik, dan politik identitas. Karena kehancuran demokrasi berawal daripada pemilih yang tidak cerdas,” tutur Putra

Selaku ketua Akselerasi, Baso sendiri berharap melalui Ngobrol Pemilu ini semoga hasil yang di diskusikan oleh penyelenggara pemilu, penegak hukum, pemerintah, dan pemuda bisa menjadi bahan penguatan dan strategi dalam menyukseskan pemilu 2024 yang damai dan berintegritas. (Anggi Novita)

Tinggalkan Balasan