Antisipasi Karhutla, Kodim 1415/Selayar Gelar Apel Siaga

oleh -

Selayar, mitrasulawesi.id – Musim kemarau yang berkepanjangan akhir-akhir ini memang mempunyai dampak yang sangat signifikan, diantaranya kekeringan atau kurangnya ketersediaan air bersih dan juga tingginya tingkat kerawanan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dalam mengantisipasi hal tersebut, Kodim 1415/Selayar bersama Stakeholder menggelar Apel Siaga Karhutla di halaman Kantor BPBD Jln. Muh. Krg. Bonto No. 30 Kelurahan Benteng Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar, Kamis (28/9/23) malam.

Apel siaga ini dipimpin oleh Pasiops Kodim 1415/Selayar Letda Inf Muhammad Rusdi dengan peserta apel 1 SST Kodim Selayar, 1 SSR dari Polres dipimpin oleh Kanit Shabara Aiptu Busman, 1 SSR BPBD dipimpin oleh Staf Kesiapsiagaan Andi Rudi, serta 1 SSR Damkar dipimpin oleh Muhammad Ikbal dari bidang Operasional Damkar.

Baca Juga:  Panitia Lomba STQH XXXIII 2023 Umumkan Nilai Peserta Finalis

Dalam arahannya, Pasiops menyampaikan bahwa Apel ini adalah tindak lanjut atas perintah dari Komando atas dalam hal ini Danrem 141/Toddopuli dan Dandim 1415/Selayar untuk segera membentuk Satgas Karhutla sampai dengan tingkat Koramil.

Baca Juga:  BPBD Selayar Berikan Bantuan Tanggap Darurat Korban Kebakaran

“Besok kami akan bersurat ke instansi terkait untuk mempersiapkan personil Satgas Karhutla gabungan dari Kodim, Polres, BPBD, SAR, Satpol PP, dan Damkar,“ ucapnya.

Pada kesempatan ini, Pasiops juga menghimbau para peserta apel untuk selalu waspada dan berkoordinasi dalam mengatasi kejadian Karhutla yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Sementara itu, ditempat terpisah Dandim 1415/Selayar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo mengungkapkan bahwa apel siaga ini merupakan langkah konkret dalam menghadapi potensi bahaya kebakaran hutan dan lahan yang rentan terjadi disaat musim kemarau seperti saat ini.

Baca Juga:  Forkopimda Kunjungi Kantor Desa Buki yang Disegel

“Kolaborasi antara semua pihak sangat diperlukan untuk mengatasi masalah ini, diantaranya dengan melakukan upaya pencegahan secara preventif melalui penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan,“ tutup Dandim.


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.