Bapenda Makassar Gelar Sosialisasi Kepatuhan Pajak Daerah

oleh -
oleh

Makassar, mitrasulawesi.id — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, melaksanakan sosialisasi pajak daerah di Hotel Arthama, Selasa (24/5/2022)

Sosialisasi pajak daerah dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan terhadap pajak. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Kota Makassar, M Ansar.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Makassar menyampaikan harapan agar masyarakat Kota Makassar dapat taat pajak, membayar pajak tepat waktu dan jumlah.

Baca Juga:  Ini Jadwal dan Tempat Tes Penerimaan CPNS Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2020

“Pajak memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan pemerintahan selain sebagai fungsi anggaran, pajak juga sebagai alat untuk mengatur stabilitasi dan redistribusi pendapatan,” ujarnya.

Selain itu, pajak dan retribusi daerah merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan otonomi daerah.

Dalam sosialisasi kali ini, melibatkan rekan-rekan notaris, sebagai peserta sosialisasi, dengan harapan dapat mendukung upaya pemerintah kota Makassar untuk menggerakkan kesadaran masyarakat untuk taat pajak.

Baca Juga:  Pertamina Ajak Masyarakat Kawal Distribusi LPG Bersubsidi

Sementara itu, Kepala Bidang Pajak 1 dan Retribusi Daerah, Harryman, menyampaikan bahwa sosialisasi ini selain untuk mengingatkan wajib pajak akan besarnya peranan pajak dalam pembangunan kota Makassar, juga sebagai ajang silaturahmi kepada wajib pajak, selepas pasca pandemi Covid19.

“Jika dilihat dari postur PAD Kota Makassar maka 79% atau Satu Triliun lebih berasal dari pajak Daerah. Dan kontribusi terbesar ada di BPHTB, dan target tahun ini Rp400 Miliar,” ujarnya.

Baca Juga:  Makanja’, Camat Biringkanaya Sabtu Bersih Kelurahan Pai

Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.