DMI Minta Masjid Seluruh Indonesia Gelar Sholat Istisqa

oleh -

Kemarau Panjang yang melanda sebagain besar wilayah Indonesia mengakibatkan kekeringan dan krisis air pada 63 Persen wilayah Indonesia.

Bahkan akibat kemarau Panjang ini telah menimbulkan korban jiwa yakni 6 warga di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, akhir juli silam.

Selain itu kemarau Panjang ini juga mengakibatkan sejumlah petani mengalami gagal panen, ancaman kelaparan dan kemiskinan mengancam warga saat ini.

Mencermati fenomena tersebut, pimpinan pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) H.M. Jusuf Kalla mengeluarkan surat edaran yang menyerukan seluruh masjid di Indonesia menggelar Sholat istisqa atau sholat minta hujan.

Baca Juga:  Belum Menemui Titik Temu, Buruh Pelaut akan Terus Mencari Solusi

Dalam surat edaran dengan nomor 157.D/SEM/PP-DMI/IX/2023 tertanggal 3 Rabbiul Awal 1445 H, atau 18 September 2023, dan ditanda tangani oleh ketua DMI, H.M. Jusuf Kalla dan Sekjen DMI H.

Imam Addarquni memuat dua poin utama. Pertama: meminta pengurus DMI di semua tingkatan bersama DKM/Takmir masjid untuk melaksanakan sholat minta hujan yang digelar di lapangan maupun di halaman masjid yang luas pada bulan September 2023.

Kedua: meminta khatib sholat Istisqa’ mengajak umat islam untuk bertaubat dan memperbanyak istigfar dan berdoa semoga Allah segera menurunkan hujan yang menjadi kebutuhan warga di seluruh negeri.

Baca Juga:  Ditengah Pandemic Covid-19, RMS Serahkan Ribuan Masker dan Handsanitizer

Berikut Kutipan Surat edaran DMI:
Assalamu alaikum warrahmatullahi wabarakatuh, Berkenaan dengan periode musim kemarau berkepanjangan yang mengakibatkan kekeringan dan krisis air di 63% wilayah Indonesia bahkan menyebabkan korban jiwa, maka Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) menyerukan serta mengajak:

  1. Pimpinan DMI di tingkat wilayah, Daerah, Cabang dan Ranting bersama-sama DKM/Takmir Masjid seluruh Indonesia kiranya dapat melaksanakan sholat Istisqa’ pada bulan September 2023 baik di laksanakan di lapangan maupun di halaman-halaman masjid yang luas.

  2. Agar khatib shoilat Istisqa’ mengajak umat islam bertaubat (meminta ampunan atas segala dosa) memperbanyak istigfar dan berdoa sungguh-sungguh semoga Allah SWT mengabulkan apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dan seluruh bangsa ini.

Baca Juga:  Hasan Sijaya Bakar Semangat Penggiat Literasi di 2 Kabupaten

Demikian edaran ini disampaikan untuk dilaksanakan bersama sama. Semoga dengan Rahmat Allah SWT berupa hujan serta rizki lainnya akan menguatkan kesejahteraan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, Wallahul Mustain
wassalamu alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. (#*#)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.