Pemkab Selayar Peringati Hari Lahirnya Pancasila

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati, Sabtu (01/06/24) pagi.

Sekretaris Daerah Drs. Mesdiyono, M.Ec., Dev., bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila yang bertajuk “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” turut dihadiri Ketua DPRD yang diwakili H. Andi Idris, Dandim 1415 Selayar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo, Kapolres AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, para asisten dan staf ahli Bupati, para Kepala Perangkat Daerah dan para Apararur Sipil Negara lingkup Selayar.

Baca Juga:  Wakil Bupati Selayar Ikuti Apel Siaga Badan Pangan Nasional

Pada Upacara tersebut Sekda Mesdiyono membacakan Pidato seragam Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang diawali dengan mengajak komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia, selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integrasi, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” ucap Mesdiyono.

Baca Juga:  Kadis Sosial Jelaskan Penyaluran Bansos di Selayar

Lanjut dikatakan bahwa dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan smartphone dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila ditengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Diakhir pidatonya, Sekda mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui dengan bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga:  Bupati MBA Dukung Komitmen Kajari Membangun Zona Integritas Bebas dari Korupsi

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutup Sekda Mesdiyono.

Sebagai informasi, pada peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini juga dirangkaikan dengan Launching Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Lingkup Pemkab Kepulauan Selayar.


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.