Tips Mengupas Jahe dengan Benar

oleh -
oleh

Tips Kuliner, MitraSulawesi.id– Anda pasti tidak asing dengan rempah-rempah yang satu ini. ya, jahe. Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang dipakai untuk membuat bumbu masakan, minuman hangat hingga pengobatan tradisional. Selain jahe memiliki rasa pedas yang menghangatkan, jahe juga mengandung gingerol tinggi, zat dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat.

Jahe sering ditemui di dapur dan menjadi salah satu bumbu rempah wajib yang ada di rumah. Makanya, penting bagi Anda mengetahui cara mengkupas dan mencincang jahe yang benar, dilansir dari laman Thekitchn.com, berikut kami akan menyajikan cara mengkupas dan mencincang jahe dengan benar.

  1. Mengupas jahe dengan sendok
Baca Juga:  Sijago Merah Mengamuk Semalam, BPBD Berikan Bantuan ke Masyarakat

Memakai bagian sendok yang cembung dan sediakan mangkuk, kikis kulit tipis jahe menggunakan sapuan ke bawah secara kuat. Kamu bisa meletakkan akar jahe di talenan atau gunakan sebagai pegangan. Kikis sebanyak yang diperlukan dari akar besar atau seluruh bagian jika itu dibutuhkan. Sendok membantu dengan mudah mengikis semua bagian kecil dan hanya kulit yang terbuang.

 

  1. Mengupas jahe dengan pengupas sayuran

Menggunakan cara yang sama dengan sendok, kupas kulit dari akarnya. Kamu perlu berhati-hati karena berpotensi melukai diri. Terkadang daging jahe juga ikut terkelupas saat mengikis dengan peeler sayuran ini. Pengupas dapat menangani bagian tonjolan serta inti tetapi tetap harus berhati-hati melukai diri.

Baca Juga:  Wabup Lutra Musnahkan Arsip, Ini Tujuannya

 

  1. Cincang jahe dengan pisau

Potong jahe menjadi bulat-bulat memakai pisau besar dan tajam. Ketebalan bulatan akan menentukan seberapa halus cincangan jahe. Bulatan tipis akan menghasilkan cincangan halus.  Potong bulatan menjadi korek api dan kemudian dadu kecil. Tumpuk beberapa bulatan, jangan membuat tumpukan terlalu tinggi karena bisa dengan mudah tergelincir saat memotong. Potong batang korek api melintang menjadi cincangan. Ulangi dengan sisa bulatan jahe.

 

  1. Cincang jahe dengan microplane atau parutan

Jika mempunyai alat microplane atau parutan, kamu bisa menggunakannya untuk mencincang jahe. Pastikan memakainya di atas piring atau mangkuk. Cukup gosok jahe pada microplane atau parutan menggunakan tekanan yang cukup. Berhati-hatilah saat mencapai ujung potongan karena bisa tergores.

Baca Juga:  Pangdam XVIII/Kasuari Hadiri Raker, Yang di Pimpin Gubernur Papua Barat

Itulah beberapa tips yang kami tawarkan melalui artikel ini. Izinkan saya menutup tulisan ini dengan mengutip salah satu ungkapan dari koki bintang asal Prancis, Joel Robuchon. Kata beliau “Kamu tidak bisa memasak jika kamu tidak menyukai seseorang”.

Penulis: Nuril Laili Azizah

Editor: Hamka Pakka


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.