Memaknai Perjuangan Ibu, Kodim 1420 Sidrap Gelar Upacara

oleh -
oleh
Komando Distrik Militer (Kodim) 1420 Sidrap menggelar kegiatan Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 di lapangan Apel Makodim 1420 Sidrap Kelurahan Majjelling Wattang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap. Senin 23/12/19 pagi.

Sidrap, MitraSukawesi.id–Ibu tidak dari kata perjuangan, olehnya itu Komando Distrik Militer (Kodim) 1420 Sidrap menggelar kegiatan Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 di lapangan Apel Makodim 1420 Sidrap Kelurahan Majjelling Wattang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap. Senin 23/12/19 pagi.

Upacara peringatan Hari Ibu yang digelar Kodim 1420 Sidrap tersebut dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda, akan makna hari ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa.

Dimana tema PHI Ke-91 Tahun 2019 ini adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju yang dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakuan diskriminatif dan lain-lain”, sehingga perlunya mewariskan semangat juang guna senantiasa mempertebal tekat untuk melanjutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Baca Juga:  Motor Babinsa Dimodif Morse, Sisir Wilayah Pedalaman

Dalam Sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan
dan Perlindungan Anak RI, yang dibacakan Kasdim 1420 Sidrap mengatakan Hari Ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia diawali dengan Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia.

“Tema sentral pembahasan Kongres Perempuan tersebut adalah memperjuangkan hak perempuan dalam perkawinan, melawan perkawinan anak, poligami dan pendidikan perempuan,”Ujarnya.

Ditambahkannya, Hakekat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Tim Bareskrim Polri Tangkap Penyiram Air Keras Novel Baswedan

“Untuk itu, sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, PHI ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional,”Pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mayor Inf Sudirman.SS mengatakan perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial dan sebagainya.

Begitu juga pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak.

Baca Juga:  Lakukan Peningkatan PAD, Bapenda Palopo Raup Rp8.9 Miliar Pada Triwulan Pertama 2022

” Sehingga diharapkan, Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan,”Tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh para Perwira staf Kodim 1420 Sidrap, para Danramil jajaran Kodim 1420 Sidrap, Wakil Ketua Persit KCK Cab XLIV Dim 1420, Ny. Sudirman, para Personel Militer dan PNS Kodim 1420 Sidrap serta Ibu-ibu Persit KCK Cab XLIV Dim 1420.(*)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan