Kunjungan Kerja Ke Fakfak, Ini Tujuan Pangdam XVIII/Kasuari

oleh -
oleh

FAKFAK, mitrasulawesi.id – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han), Kamis (3/12/2020) saat memberikan arahan kepada para Prajurit dan ibu-ibu Persit KCK Kodim 1803/Fakfak di Aula Ahmad Yani Makodim, Jl. Kodim, Fakfak Utara, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Pangdam dan rombongan, yang berangkat dari Makodam XVIII/Kasuari di Kota Kabupaten Manokwari dengan pesawat udara CN-325 TNI AU langsung menuju Kab.Fakfak.

Dalam Kunjungan kerjanua, Pangdam didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Ade Nyoman Cantiasa dan para beberapa pejabat Kodam XVIII/Kasuari.

“Satuan Teritorial adalah ujung tombaknya TNI AD, sebagai Hulunya adalah Pembinaan Teritorial dan Hilirnya atau ending-nya adalah Terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena ancaman ke depan bukanlah ancaman perang konvensional, namun saat ini yang telah terjadi adalah perang di dalam negeri yaitu, perang ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya,”ungkap Pangdam XVIII/Kasuari.

Baca Juga:  Sosialisasi Potensi Bumi Gowa, PKK Gowa Bersama Dinas Ketapang Gelar Festival Pangan Lokal B2SA

Pangdam juga menyampaikan tentang situasi dimasa Pandemi Covid-19 saat ini sekaligus memberikan pesan tentang bagaimana cara warga Kodim 1803/Fakfak dalam penerapan disiplin protokol kesehatan dalam berbagai pelaksanaan kegiatan.

“Dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19 ini, kalian harus rajin menerapkan 3 M (Mencuci tangan, Memakai Masker dan Menjaga jarak), mengonsumsi makanan yang bergizi, dan tidak perlu mahal. Lakukan olah raga secara teratur sehingga saraf-saraf yang ada di badan tetap bergerak dan menjadikan tubuh menjadi sehat, serta hal-hal lainnya sesuai dengan protokol kesehatan,” ungkap Pangdam.

Terkait dengan akan diselenggarakannya Pesta demokrasi Pilkada secara serentak dalam waktu dekat, Pangdam XVIII/Kasuari juga menginstruksikan agar seluruh satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari membantu aparat kepolisian dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada tersebut.

Baca Juga:  Tokoh Perdamaian Aceh Melakukan Napak Tilas Perundingan RI-GAM di Helsinki 2005

“Kalian harus Netral dan Jangan ada yang berpihak kepada salah satu kandidat dalam Pilkada. Apabila ditemukan laporan adanya Prajurit yang mendukung salah satu kandidat maka dia akan diproses secara hukum,” tegas Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Usai bertatap muka dengan para Prajurit dan keluarganya yang berada di Kodim 1803/Fakfak, Pangdam XVIII/Kasuari memberikan bantuan kepada Kodim 1803/Fakfak yang diterima Dandim Letkol Inf Doddy Yudha Perwira, S.I.P, M.Tr.(Han), berupa 1 unit Motor VIAR, 3000 buah masker kesehatan, dan 7 buah termometer inframerah (Thermogun).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny Ade Nyoman Cantiasa juga memberikan bantuan kepada Ketua Persit KCK Cabang XIV Kodim 1803/Fakfak berupa peralatan berupa Timbangan dan Seragam batik untuk mendukung pelaksanaan program Posyandu Kartika Fakfak. Selanjutnya Pangdam dan Ketua Persit KCK menanam pohon kenangan (Pohon Pala) di area Makodim 1803/Fakfak.

Baca Juga:  Polres Bantaeng Bersama Polda Sulsel, Mencegah Penyalahgunaan Senpi

Selanjutnya Pangdam XVIII/Kasuari dan rombongan menuju Kampung Kiat, Distrik Fakfak Barat untuk melaksanakan peninjauan proses pembangunan Markas Korem 182/Jazirah Onim (JO) yang dalam waktu dekat direncanakan akan diresmikan oleh Kasad, Jendral TNI Andika Perkasa.

Usai melaksanakan peninjauan di okasi Makorem 182/JO, Pangdam dan rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya ke wilayah tugas Kodim 1804, yaitu Kabupaten Kaimana.

(Pendam XVIII/Ksr)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan