Tingkatkan SDM Anggota, Bawaslu Gowa Hadirkan Jurnalis Senior

oleh -
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gowa menggelar Rapat Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kehumasan di Aula Sekretariat Bawaslu Kabupaten Gowa, Rabu (10/11/2021).

GOWA, MitraSulawesi.id– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gowa menggelar Rapat Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kehumasan di Aula Sekretariat Bawaslu Kabupaten Gowa, Rabu (10/11/2021).

Ketua Bawaslu Kabupaten Gowa, Samsuar Saleh berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana peningkatan kapasitas diri bagi staf Bawaslu Kabupaten Gowa.

“Semua staf harus mampu menjadi humas untuk Bawaslu Kabupaten Gowa sehingga perlu memanfaatkan moment singkat ini untuk benar- benar memperdalam ilmu kehumasan,” ungkap Samsuar Saleh.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulsel, Kordiv Humas, Saiful Jihad turut menjadi narasumber mengungkapkan, Bawaslu Kabupaten Gowa harus memanfaatkan media sebagai strategi dalam melakukan pencegahan pelanggaran pada Pemilu dan Pemilihan.

“Tugas Bawaslu secara kelembagaan tidak hanya bertugas jika ada kontestasi Pemilu atau Pemilihan tetapi juga bertugas melakukan pencegahan,” bebernya.

Lanjut Saiful, pemanfaatan media menjadi sangat strategis bagi Bawaslu untuk menjadi pencegahan dan ruang edukasi bagi masyarakat sehingga publik semakin tercerahkan dengan nilai demokrasi yang makin baik.

“Bagaimana memaksimalkan media yang kita miliki sehingga dibutuhkan ketersedian SDM, dengan ini nantinya dapat
memberikan edukasi kepemiluan khususnya pengawasan Pemilu dan Pemilihan kepada masyarakat,” bebernya lagi.

Jurnalis Senior Sulsel, AS Kambie yang juga wakil Pimpinan Redaksi Tribun Timur hadir sebagai narasumber memberikan materi tentang penulisan berita dan terkait kehumasan.

Ia menegaskan, dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, SDM Bawaslu harus mampu membuat produk humas, semacam Pres Rilis.

“Teknologi informasi semakin maju, hal ini justru memudahkan informasi. Bawaslu mengambil hal strategis ini dalam kehumasan, supaya masyarakat mengetahui program yang dilaksanakan oleh Bawaslu,” terang Alumni Sastra Unhas ini.

Kordiv Hukum, Humas dan Datin Bawaslu Kabupaten Gowa, Saparuddin, menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah dalam upaya meningkatkan SDM serta meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui kegiatan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Gowa.

“Sengaja kita hadirkan AS Kambie dari salah satu Harian terbesar di Makassar juga Saiful Jihad komisioner Bawaslu Sulsel, kita harap kegiatan ini akan membuat grafik pemberitaan Bawaslu Kabupaten Gowa semakin meningkat,” tandasnya.

Pelatihan peningkatan kapasitas kehumasan Bawaslu Kabupaten Gowa ini sendiri diikuti belasan peserta.

Sejumlah materi disajikan, ditargetkan akan menunjang kemampuan peserta dalam membuat informasi dan tulisan berperspektif Bawaslu.

Dalam kesempatan ini juga hadir pimpinan Bawaslu Kabupaten Gowa, Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Juanto dan Kordiv SDM dan Organisasi, Suharli serta Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Gowa, Sulkarnain.(*)