Suara Bising Motor Resahkan Warga, Satlantas Polres Sidrap Jaring Knalpot Brong

oleh -

Sidrap, MitraSulawesi.id– Sat Lantas Polres Sidrap memberikan edukasi tentang penggunaan knalpot standar kepada pemilik kendaraan, kegiatan tersebut berlangsung di halaman Mapolres Sidrap, Jalan Bau Massepe No. 01 Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Selasa 08/02/22.

Hadir pada kegiatan edukasi ini, Kasat Lantas Polres Sidrap, AKP Mahrus Ibrahim. S.Sos, Kasi Humas Polres Sidrap AKP Zakariah. SH, Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Sidrap serta pemilik kendaraan yang terjaring penertiban knalpot brong.

Kapolres Sidrap AKBP Ponco Indriyo. S.IK., MH melalui Kasat Lantas AKP Mahrus Ibrahim mengatakan, penertiban terhadap kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong tersebut merupakan perintah langsung dari Dirlantas Polda Sulsel.

Dampak dari penggunaan knalpot tidak sesuai standar, kata Kasat Lantas, dapat menimbulkan kebisingan dan mengganggu kenyamanan masyarakat. Selain itu, emisi gas buangnya dapat menggangu lingkungan hidup.

Kasat Lantas Polres Sidrap AKP Mahrus Ibrahim. S.Sos memberikan edukasi tentang penggunaan knalpot standar dan pemilik kendaraan ikut memusnahkan knalpot brong di Mapolres Sidrap, Pemakaian knalpot racing di perbolehkan, namun untuk tujuan mengikuti kontes, bukan di jalan raya.

Lanjutnya, penggunaan knalpot racing atau brong melanggar 285 ayat 1 UU LLAJ, setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot di pidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

“Kepada rekan – rekan semuanya untuk membantu kita, sebagai pioner. Karena, penertiban knalpot brong akan di laksanakan secara kontinyu dan berkesinambungan. Sehingga, tidak ada lagi pengguna knalpot brong di wilayah hukum Polres Sidrap. Kita lakukan pemusnahan, pemiliknya sendiri yang memotong knalpot tersebut,” ujarnya.

Dalam kegiatan edukasi ini, personel Sat Lantas Polres Sidrap bersama pemilik kendaraan yang terjaring dalam penertiban knalpot brong melakukan pemusnahan knalpot tersebut di halaman depan Mapolres Sidrap. (*)