Perusahaan Tambang PT Panca Digital Solution (PDS) Luwu Timur, Kembali Disorot

oleh -
oleh

Makassar, mitrasulawesi.id — Puluhan mahasiswa yang di pipimpin oleh Azhari Hamid atau sering di sapa Ariel yang tergabung dalam Koalisi Pemerhati Tambang Luwu Timur Mendesak DPRD Sulsel memanggil PT PDS.
Pasalnya, PDS diduga telah melakukan pencemaran lingkungan di desa Harapan, Laut Lampia, Kabupaten Luwu Timur.

Lewat aksi unjuk rasa, DPRD Sulsel juga diminta memanggil pihak terkait seperti Balai Gakkum Sulsel, Gubernur Sulsel, Kapolda Sulsel, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas ESDM Sulsel.
Jenderal Lapangan Ariel mengatakan, Komisi D DPRD Sulsel harus segera melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Secepat mungkin ketika tidak di lakukan maka kami Akan melakukan Aksi besar-besaran agar Di copot ketua DPRD sulsel dan ketua komisi D Agar Turun dari jabatannya.

Baca Juga:  Efek Kemarau Berkepanjagan, Warga Patimpeng Bone Kesulitan Air Bersih

“Untuk mengantisipasi aktivitas ilegal, kita harap segera ada pemanggilan terhadap PT PDS serta pihak terkait untuk RDP.” ungkap Ariel saat orasi, Jumat, (02/9).
Menurutnya, selain pemanggilan, IUP PT PDS baiknya dicabut dengan dugaan penyalahgunaan izin pertambangan.

Baca Juga:  Bersama Linmas Kemlayan, Babinsa Salurkan Masker dan Tempat Cuci Tangan Guna Cegah Covid-19

“Izinnya laterit besi tapi kuat dugaan mengirim Nikel. Artinya kerugian negara yang sangat besar terindikasi terjadi, inilah yang kita ingin selamatkan.” tegasnya.
Bahkan Ariel menegaskan lagi jika ia bersama pemerhati tambang yang lain telah memasukkan laporan secara tertulis kepada Balai Gakkum dan Kejati Sulsel.
“Kalau memang tidak diindahkan maka kami akan tetus menduduki DPRD sulsel dan meneruskan laporan kami ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).” Tegasannya.

Berdasarkan uraian diatas adapun yang menjadi tuntutan kami antara lain.
-Mendesak DPRD sul-sel dalam hal ini komisi D untuk melaksanakan RDP bersama PT.Panca Digital Solution dan masyarakat desa harapan
-Copot Ketua Dprd Provinsi Dan Ketua Komisi D dari -Jabatannya ketika tidak mampu menyelesaikan masalah yang dilakukan oleh PT.Panca Digital Solution
-Hentikan opersai PT.Panca Digital Solution
-Normalisasikan wilayah kerja PT.Panca Digital Solution
-Copot oknum pejabat tinggi sul-sel yang di duga melindunggi PT.Panca Digital Solution

Tinggalkan Balasan