Hari Kedua Festival Budaya Maritim Selayar 2023 Perkenalkan Budaya Kelapa

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Hari Kedua Pelaksanan Festival Budaya Maritim Selayar 2023, “Kelapa Budayaku, Laut Kehidupanku”, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar giat Minum Air Kelapa di Lapangan Pemuda Benteng, Rabu (29/11/2023).

Kegiatan minum air kelapa ini, selain bertujuan untuk memperkenalkan budaya kelapa yang melekat pada masyarakat Selayar kepada rombongan Laskar Muhibah Budaya Jalur Rempah Bersama KRI Dewaruci, sekaligus selain memeriahkan Hari Jadi Ke418 Selayar Tahun 2023.

Baca Juga:  Warga Bajo Desa Kayuadi Galang Dana Bantu Pencarian 2 Nelayan yang Hilang

Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif yang hadir mengikuti acara, mengatakan Kelapa merupakan tanaman serbaguna dalam kehidupan. Hampir seluruh bagiannya memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

Fungsi kelapa sangat besar terhadap kehidupan, bagi Masyarakat Selayar kelapa mengandung nilai-nilai budaya, dan dipercaya sakral, kelapa telah mewarnai segala aspek kehidupan masyarakat Kepulauan.

“Sejak dulu masyarakat selayar menggantungkan hidupnya pada tanaman kelapa sebagai sumber makanan, bahan bangunan rumah, obat-obatan, mahar pernikahan, bahkan menjadi salah satu ukuran strata sosial dikalangan masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga:  P3KE, Ketua BPD Bungaiya Pimpin Rapat Penetapan Penerimaan BLT

Oleh karena itu dirinya berharap kegiatan ini disamping meningkatkan komoditi kelapa, juga membangkitkan budaya kelapa pada mayarakat Selayar, agar semakin dikenal masyarakat luar bahkan dunia.

“Besar harapan kami para peserta pelayaran KRI Dewaruci yang notobene adalah para influencer handal dapat mengexplore budaya dan wisata selayar,” imbuh Wabup.

Terpantau para peserta dari berbagai unsur dan lapisan masyarakat bersama Pemuda Pemudi Laskar Muhibah dari 34 Provinsi yang merupakan peserta Pelayaran KRI Dewaruci, secara serentak meminum air kelapa.

Baca Juga:  Kisah Seorang Kakek Berjuang Demi Kedua Cucunya

Dari informasi yang dihimpun, sebanyak 4.000 butir Kelapa disiapkan oleh panitia yang diperoleh dari masing-masing Desa dan Kelurahan yang ada didaratan Selayar untuk mendukung suksesnya acara ini.

Selain itu juga beragam kuliner khas masyarakat selayar berbahan dasar kelapa hingga teknik pengolahannya ditampilkan dalam acara ini. (Humas-IC)

Tinggalkan Balasan