Ketua TP. PKK Selayar Buka Pelatihan BLK Berbasis Kompetensi

oleh

SELAYAR, Mitrasulawesi.id – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kepulauan Selayar Hj. Andi Dwiyanti Musrifah Basli membuka secara resmi pelatihan berbasis kompetensi jurusan gelombang IV Balai Latihan Kerja (BLK) Tahun 2019, di Gedung PKK., Jl. M. Karaeng Bonto, Benteng, Rabu (28/8/2019).

Jurusan pelatihan ini antara lain desain grafis, menjahit pakaian mendasar, industri jasa makanan & minuman (f dan b servis), perawatan AC split bekerja sama dengan UPTP BLK Bantaeng dengan TP. PKK Kepulauan Selayar.

Musrifah Basli mengatakan UPTP BLK Bantaeng selaku pembina BLK Selayar agar senantiasa memberikan andil dalam upaya pengembangan sumber daya manusia di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Menurutnya, pelatihan ini sejalan dengan misi Pemerintah Kabupaten khususnya pada poin keenam yaitu mewujudkan peningkatan produktifitas dan daya saing daerah serta sentra pertumbuhan di sektor agrobisnis dan agro maritime yang berbasis pada ekonomi kerakyatan.

“Pada era globalisasi saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang dengan pesat. Hamper setiap saat perubahan itu selalu terjadi pada setiap sektor kehidupan,” ucap Musrifah Basli.

Karena perubahan itu, Ketua TP PKK berharap agar para instruktur yang mengajar di BLK Selayar supaya dapat menunjukan skil baru untuk peserta, karena ilmu yang diajarkan selama ini sudah tidak sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan. Apalagi pesertanya merupakan calon pencari kerja. Model pekerjaan yang biasanya harus ada di tempat tertentu, dengan alokasi waktu tertentu, saat ini sudah dikalahkan oleh model pekerjaan online.

“Model inilah yang perlu dikuasai oleh para tenaga kerja zaman sekarang. Salah satu upaya dilakukan oleh pemerintah SDM masyarakat adalah melalui pelatihan berbasis kompetensi,” terangnya.

Ia mengimbau untuk terus meningkatkan keterampilan dan semangat kewirausahaan dalam kehidupan masyarakat, sehingga tingkat pengangguran dan kemiskinan akan terus berkurang.

Kepala TU Andi Mencen Ashar, ST. MT mewakili Kepala UPTP BLK Bantaeng, mengatakan akan selalu membantu melalui pendanaan setiap pelatihan yang diadakan oleh BLK Selayar. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP. PKK karena telah ikut memperhatikan masyarakat agar bisa ikut pelatihan. (SR)