Peringati 20 Thn Ekonomi Islam di FEBI UINAM, HMJ Ekonomi Islam Adakan Seminar Nasional

oleh -

Gowa,Mitrasulawesi.id –Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Islam FEBI UIN Alauddin Makassar, mengadakan Seminar Nasional. Dengan tema “Peluang dan Tantangan Industri Halal di Indonesia”, yang pelaksanaannya di Gedung Aula FEBI UIN Alauddin Makassar, Samata Gowa, Kamis (12/9/2019).

Dimana HMJ Ekonomi Islam melaksanakan kegiatan ini, sebagai bentuk pengingat dalam rangka peringatan 20 tahun jurusan Ekonomi Islam di FEBI UIN Alauddin Makassar.

Seminar yang berlangsung ini, di buka oleh Dr. Muh. Firda, M. Si dari instansi pemerintah daerah Sulawesi Selatan, menggantikan wakil gubernur sulsel, Andi Sudirman Sulaiman,ST. Dimana dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya persaingan industri halal agar dapat bersaing dalam kanca Nasional maupun Internasional.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan Dr. H. Idris Parakassi, M.M mengatakan, bahwa dengan adanya seminar ini kita dapat memahamkan dan menambah wawasan bahwa masih banyak yang harus di benahi dan di perhatikan tentang halal di indonesia.

Dimana pada saat pemaparan, Prof. Ir. Sukoso, M.Sc, Ph.D mengatakan, Saat ini halal merupakan sebuah industri, dan industri halal meiliki peluang, menjadi penopang ekonomi nasional. Dengan pertimbangan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

“Namun sampai hari ini, industri halal di Indonesia, masih berada pada urutan ke 10, kalah dari negara tetangga Malaysia, yang berada di puncak urutan 1,” tambah Kepala Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementrian Agama.

Adapun pemateri yang mengisi kegiatan ini, antara lain Kepala Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementrian Agama, Prof. Ir. Sukoso, M. Sc, Ph. D, Ketua Komisi Hukum dan Hak Asasi Manusia MUI kota Makassar, Prof. Dr. H. M. Arifin Hamid, S.H,. M. H, dan Pimpinan Wilayah Komisi VI PT. Pegadaian Persero Makassar, H. Alim Sutiono, S.E, M.M, serta mengatur jalannya forum, Dosen Ekonomi Islam FEBI UIN Alauddin Makassar/Wakil Ketua MES Sulsel, Dr. H. Idris Parakkasi, M.M.

Penulis : Reski Wulandari, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Editor : Ube