Tingkatkan Kwalitas TPK dan KTD, Desa Kayu Bau Gelar Pelatihan Peyusunan Administrasi, RAB dan Gambar Teknik

oleh -

SELAYAR, mitrasulawesi.id – Desa Kayu Bau Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan pelatihan penyusunan Administrasi, Pembuatan RAB dan Gambar Teknik dalam rangka peningkatan kapasitas Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dan Kader Teknis Desa (KTD) berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat, (26-27/09/19).

Guna meningkatkan kinerja TPK dan Kader Teknis desa yang mengelola sumber dana yang dianggarkan dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun 2019. Hal ini mengacu kepada Peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang /Jasa nomor 13 tahun 2013 tentang Pedoman tatacara Pengadaan barang dan jasa di Desa,

Sekertaris Desa Kayu Bau, Ramli, menjelaskan bahwa kegiatan peningkatan kapasitas TPK dan KTD ini memang telah direncanakan dan tertuang dalam RPJMDesa dan RKPDesa Kayu Bau.

“Kami selaku pihak Pemerintah Desa mendukung penuh kegiatan pelatihan ini guna menciptakan kemandirian Desa dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan pembangunan infrastruktur di desa kami”, jelas Ramli.

Selain itu, pembawa materi pelatihan, Erwin Apriadi, ST., menjelaskan tujuan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut ada 4 poin.

“Poin pertama, yaitu meningkatkan kualitas perencanaan teknis sarana prasarana yang dibangun di Desa, poin kedua meningkatkan kemampuan dan pemahaman Kader Teknik terutama TPK dalam melaksanakan proses pengadaan dan pengelolaan kegiatan sarana prasarana desa. Poin ketiga, mewujudkan kemandirian dari para Kader Teknik Desa agar kedepannya mereka tidak membutuhkan lagi tenaga ahli dari luar hanya untuk bikin desain RAB pembangunan desa. Selanjutnya poin keempat yang tidak kalah pentingnya yaitu memberikan pemahaman kepada para TPK dan Kader Teknik tentang tata cara membuat administrasi dan pelaporan terkait pembangunan prasarana fisik di desa yang benar sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” jelas Erwin Apriadi kepada media, Minggu (29/9/19).

Sebelumnya, Hasmidayanti salah satu TPK yang juga peserta pelatihan tersebut mengatatakan bahwa tujuan kegiatan ini dilaksanakan oleh pihak pemerintah Desa Kayu Bau adalah untuk peningkatan kualitas para anggota TPK dan kader-kader teknik di desa kami.

“Kami betul-betul di bekali ilmu oleh para pelatih dari pembawa materi dasar di ruangan hingga lanjut melakukan praktek lapangan sehingga para TPK dan Kader Teknik di desa betul-betul mengetahui bagaimana tata cara mengelola administrasi mulai dari proses perencanaan hingga pelaporan kegiatan, tata cara membangun sarana dan prasarana fisik di desa dengan cara swakelola sistem Padat Karya dan bagaimana cara agar para anggota TPK dan KTD dapat lebih memahami dan menguasai tata cara kerja di lapangan,” jelasnya. (Tim/A)