Harapan Kepada Kades Terpilih Bumdes Harus Jadi Penopang Ekonomi Desa

oleh -
oleh

Selayar, mitrasulawesi.id – Menjelang pelantikan Kepala Desa (Kades), besok, 28 Desember 2019 dari 54 desa yang tersebar di 11 kecamatan Kabupaten Kepulauan Selayar bisa menjadi angin segar untuk masing-masing desa yang ikut dalam kontestasi Pilkades pada tanggal 5 Desember 2019 lalu.

Para Kades terpilih bisa menjadikan desanya sebagai desa yang mandiri dan sejahtera melalui program – program pemberdayaan dengan memanfaatkan potensi dan sumberdaya yang ada di desa, harap Samsul Rizal yang juga mantan pengurus KNPI Sulsel ini, Jumat (27/12/19).

Baca Juga:  Peka Kondisi Sosial HMPS P.BIO Bantu Korban Banjir Kolaka Utara

Kepada mitrasulawesi.id, Samsul Rizal yang sering disapa Bang Ical putra dari Pasilambena ini, mengatakan, bahwa salah satunya dengan melakukan pembenahan struktur dan pengurus BUMDes. Karena BUMDES menjadi salah satu sumber kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial.

Menurutnya, pada dasarnya pendirian BUMDes dilakukan untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat desa dengan melalui pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga:  Dihadapan Persit KCK PD XVIII/Kasuari, Hetty Andika : Pentingnya Menjaga Kesehatan

“Tidak hanya berfungsi sebagai salah satu sumber kegiatan ekonomi desa, BUMDes juga berfungsi sebagai lembaga sosial,” tutur mantan anggota KNPI Sulsel ini.

BUMDes harus berpihak kepada kepentingan masyarakat dengan melalui penyediaan pelayanan sosial dan membuka lapangan pekerjaan di desa, ketika dikelola dengan baik.

Untuk itu, Menjadi Kades bukan hanya mengejar jabatan dan kekayaan semata tapi lebih dari itu. Jabatan Kades harus dimanifestasikan dalam bentuk pertanggungjawaban menjalankan visi dan misi pada saat kampanye.

Baca Juga:  Plt Gubernur Sulsel Gandeng PP IPMALUTIM Bagi-Bagi Alquran

“Desa adalah pendorong kemajuan suatu bangsa, terakhir yang ingin saya sampaikan bahwa lawan politik jangan dijadikan sebagai musuh politik, tapi mari kita sama-sama bersinergi membangun desa kearah yang lebih baik,”

Selamat buat para kepala desa terpilih semoga amanah, tutupnya.


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan