Adanan Baru Saja di Lantik Kwarda Gepra Sulsel

oleh -
oleh
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan resmi dilantik sebagai pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan (Sulsel) masa bakti 2018-2023.

Gowa, MitraSulawesi.id– Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan resmi dilantik sebagai pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan (Sulsel) masa bakti 2018-2023.

Pelantikan tersebut dilakukan langsung Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kwartir Nasional, Mayjen TNI Purn Dr. Bachtiar SIP. MAP, pada Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Daerah, Pengurus Kwartir Daerah dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jumat 27/12/19.

Bupati Adnan pada surat keputusan tersebut menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Kerjasama Antar Daerah Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel. Sementara pada kepengurusan yang sama dilantik Drs. H. Syahrul Yasin Limpo, SH. MSi, MH sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulsel, Drs. H. Jurfri Rahman M. Si sebagai Wakil Ketua Komisi Perencanaan dan Pengembangan, Drs. H. Tautoto TR, M. Si sebagai Wakil Ketua Komisi Anggota Pembina Muda.

Kemudian, Ir. Hj. Norma, B. Tamzil, M. Si sebagai Wakil Ketua Komisi Pembinaan Anggota Dewasa, Ir. H Asri Agung Pananrang sebagai Wakil Ketua Komisi Organisasi dan Hukum, Ir. H. Haris Yasin Limpo, M. Si sebagai Wakil Ketua Komisi Aset dan Usaha dan pengurus lainnya.

Baca Juga:  Gowa Dikenal Daerah Religius, KPS Bukit Tamalate Gelar Zikir Bersama

Bupati Adnan menyampaikan terima kasihnya atas amanah yang diberikan, untuk menjadi salah satu pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel.

Ia mengaku, dirinya sangat bangga bisa menjadi salah satu bagian yang akan mendorong Gerakan Pramuka kedepannya. Apalagi organisasi tersebut telah dicintainya sejak dini.

“Allhamdulilah, seluruh proses kepramukaan mulai siaga, penggalang, penegak hingga pembina telah dilewati. Termasuk pelatihan nilai-nilai Kepramukaan juga telah saya ikuti dengan baik. Pengalaman ber Pramuka yang saya jalani ini berkat bimbingan dan dukungan kakek saya Almarhum M Yasin Limpo,” katanya usai dilantik.

Olehnya, menurut Bupati Adnan menjadi bagian dari anggota Gerakan Pramuka adalah tugas mulia, dalam melanjutkan perjuangan kakek tercinta Almarhum M Yasin Limpo.

Baca Juga:  BAIN HAM RI Temukan SPBU Nakal di Jeneponto

“Mari kita rapatkan sama-sama, duduk sama-sama dan susun program bersama untuk membangun gerakan Pramuka lebih baik demi menciptakan sumber daya dan generasi unggul di masa akan datang,” harapnya.

Sementara, Sekjend Kwartir Nasional Mayjen TNI Purn Dr. Bachtiar SIP. MAP mengungkapkan, pihaknya sangat memberikan kepercayaan kepada pengurus majelis pembimbing dan kwartir daerah yang baru dilantik ini bahwa gerakan Pramuka nantinya akan lebih maju dan berkembang.

“Saya sangat mengharapkan seluruh pengurus dapat terus bersinergi dalam melaksanakan tugasnya membina dan membangun karakter muda dengan berpedoman kepada undang-undang tentang Kepramukaan, AD/ART serta nilai-nilai yang terkandung dalam Dasar Darma Pramuka,” terangnya.

Selain itu, dengan mengajak seluruh mitra dan stakeholder terkait untuk mampu bersinergi dan berkerjasama dalam menjalankan program-program kepramukaan yang lebih baik.

Di kesempatan yang sama, Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, gerakan Pramuka sudah saatnya dijadikan sebagai lembaga pendidikan pembentukan karakter bangsa khususnya kepada generasi muda mulai dari siaga, penggalang, penegak hingga pandega sesuai dengan Dasar Darma Pramuka.

Baca Juga:  PPM Gowa Resmi Dilantik, Siap Lebarkan Sayap 18 Kecamatan

“Tugas kita sebagai pengurus baik majelis pembimbing maupun kwartir daerah untuk bersama-sama mengawal pelaksanaan pembinaan dan pendidikan Pramuka disetiap gugus,” katanya.

Dirinya pun menaruh harapan agar kedepan Gerakan Pramuka harus siap dan mampu bersaing pada era digital atau 4.0. Gerakan Pramuka harus bisa menjadi satu pergerakan yang dapat memanfaatkan segala teknologi dengan berbagai media untuk memaksimalkan potensi dan meningkatkan kompetensi untuk pembangunan karakter generasi yang lebih baik, maju, dan cerdas. (CH)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan