Wujudkan Beras Berkualitas, Kodim 1420 Sidrap Ajak Masyakat Tanam Padi Organik

oleh -
oleh
Penggarapan Lahan Non Produktif Personil Kodim 1420 Sidrap di Kecematan Pitu Riase, Senin, 15/06/20.

Sidrap, MitraSulawesi.id– Nama lain dari Kabupaten Sidrap adalah kota beras.

Hal di atas membuat Komando Distrik Militer (Kodim) 1420 Sidrap menanam padi organik di Desa Lagading Kecamatan Pitu Riase Kabupaten Sidrap, Senin 15/06/20.

Penanaman perdana padi organik yang digelar Kodim 1420 Sidrap ini memiliki tujuan untuk menghasilkan beras sehat dan aman dikonsumsi.

Diketahui padi yang di tanam tersebut tidak terkontaminasi dengan zat kimia dan pestisida

Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf J.P. Situmorang, S. Sos menilai penanaman padi tersebut sebagai langkah awal untuk mengubah pola bertanam di Kabupaten Sidrap.

“Hari ini kami dari Kodim 1420 Sidrap melaksanakan penanaman padi organik, berbicara masalah padi organik kita memang harus merubah pola bertanam”, ungkapnya.

Baca Juga:  Ada yang Masuk dan Keluar, Itu yang Terjadi pada Kodim 1420 Sidrap

Lanjut Dandim, “Kita ketahui bersama produksi padi di Kabupaten Sidrap ini bagus, tapi kita lihat sendiri padi bisa bagus karena ditunjang penggunaan pupuk yang mengandung zat kimia dan pertisida ini yang digunakan oleh masyarakat. Sehingga otomatis kalau sudah menggunakan pupuk kimia ini padinya bagus namun sedikit banyak sudah tercampur bahan kimia dan kita harus merubah pola ini”.

Dikesempatan yang sama, pihak Kodim 1420 Sidrap mengajak para petani untuk mengelola padi organik, kuhsusnya di Kecematan Pitu Riase.

“Inilah yang kita kembangkan, kami dari Kodim 1420 Sidrap menggagas ini dan kami mengundang kelompok tani bahwa seperti inilah padi organik, dan kelompok tani menyaksikan secara langsung, melihat aplikasinya seperti apa sampai nanti panen karena di Kecamatan Pitu Riase ini sangat potensial untuk padi organik karena kontur tanahnya ketinggian dan ini sangat cocok untuk padi organik.

Baca Juga:  Mau Sehat ? Yuk Simak Ajakan Sehat Ala Ishak Kenre

Dalam kesempatan tersebut, Letkol Inf J.P. Situmorang, S.Sos mengatakan kegiatan ini juga merupakan program dari Kodim 1420 Sidrap dalam rangka pemberdayaan wilayah. Menurutnya beberapa lahan di Kabupaten Sidrap sudah tidak produktif selama puluhan tahun.

“Disinilah kami dari Kodim berupaya bagaimana lahan ini bisa produktif, ini merupakan suatu program dalam rangka pemberdayaan wilayah menjadikan lahan tidur manjadi yang lahan produktif,”Tutur Dandim

Baca Juga:  Hadapi Operasi Patuh 2020, Kasat Lantas Polres Sidrap Harap Masyarakat Bisa Disiplin

Ditambahkannya, Kami juga dalam hal ini nanti dalam pelaksanaannya tentu bekerja sama dengan PT. Harmoni Mega dan PT. BEST Eco Farming sebagai penyedia pupuk organik dan juga PPL di Desa Lagading.

“Oleh karena itu, saya berterimakasih kepada pihak perusahaan produsen pupuk organik atas kerjasama ini dan setelah ini berhasil kita bisa mengembangkan ke tempat lain,”Tutupnya.(hk)


Eksplorasi konten lain dari mitra sulawesi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan