Bencana Alam 2019 di Gowa, Dapat Santunan dari kementerian Sosial

oleh -

Gowa, Mitrasulawesi.id– Kementerian Sosial Republik Indonesia memberikan sentunan kepada korban bencana alam, yang terjadi di Kabupaten Gowa 22 Januari 2019 lalu. Santunan itu diberikan kepada 37 ( tiga puluh tujuh ) korban bencana.

“Hari ini telah cair dan terkirim ke rekening bank para ahli waris pada pukul 13.30 Wita dari Kemensos RI sebanyak Rp 15 juta per jiwa yang merupakan korban bencana alam tahun 2019 lalu untuk 37 orang di Kabupaten Gowa,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, H. Syamsuddin Bidol, Kamis (18/6).

37 ahli waris yang mendapatkan santunan ini kata H. Syamsuddin Bidol merupakan tambahan dari 27 ahli waris, yang telah mendapatkan bantuan santunan tahun lalu yang totalnya 64 orang.

Baca Juga:  IKAHIMSI Wilayah VI dan HMJ Pendidikan Sejarah UHO Sukses Menggelar LKTI Sejarah Tingkat Nasional

Ia menjelaskan keterlambatan penyaluran bantuan santunan kepada ini lantaran adanya dokumen kependudukan yang hilang saat bencana alam dan masih ada korban jiwa yang belum temukan.

Sehingga Pemerintah Kabupaten Gowa terlebih dahulu menyiapkan data-data yang dibutuhkan, salah satunya berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk data kependudukan.

“27 orang itu dibayar tunai pada tanggal 25 Januari 2019 lalu, yang diserahkan langsung oleh Bupati Gowa bersama Wakil Bupati Gowa dan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa,” lanjutnya.

Baca Juga:  Camat Manggala: Sosialisasikan Program Walikota Peningkatan Lorong Wisata

Pencairan dana santunan sudah dapat diambil mulai hari ini di rekening bank masing-masing ahli waris dan tidak boleh diwakili. Beberapa persyaratan yang perlu disiapkan yaitu buku tabungan beserta foto copynya untuk diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Gowa.

“Saya minta kepada para camat untuk bisa menghubungi ahli waris dan menfotokopi buku tabungan setelah diprint out dan menyampaikan lagi ke Dinas Sosial sebagai bahan laporan kami ke pusat bahwa ini sudah disalurkan,” jelasnya.

Kadis Sosial Kabupaten Gowa berharap dana santunan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh ahli waris dan dirinya juga berharap bencana alam yang terjadi pada awal 2019 lalu ini tidak terulang di Kabupaten Gowa.

Baca Juga:  Dinas PU Makassar Hadiri Sosialisasi Program IUWASH Tangguh

Salah satu korban longsor Abdul Hamid yang beralamat di Kelurahan Sapaya Kecamatan Bungaya kepada mitra sulawesi,Jum’at,19/6/2020 saat dikonfirmasi mengatakan sangat bersyukur atas bantuan santunan yang di berikan Dinas Sosial Gowa (Kementerian Sosial RI).

” Alhamdulillah, sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan, apalagi saat sekarang ini lagi krisis gara gara Corona ” kata Hamid.

Kami mendapatkan bantuan sebanyak 30 juta karena saya ahli waris dari kedua orangtua saya yang meninggal karena bencana longsor di kampung, ujar Hamid dengan nada sedih. (Isra/Wd)

Tinggalkan Balasan