Di Katangka Ada Batu Berumur Ratusan Tahun, Tempat Pertemuan Para Raja Celebes

oleh -

Gowa, Mitrasulawesi.id– Kebesaran kerajaan Gowa, selalu menjadi buah bibir ditengah masyarakat, apalagi sejarah yang telah dilakukan hingga diakui negara penjajah membuat catatan tersendiri buah generasi muda.

Seperti yang berada di wilayah Eks Kerajaan Tamalate, kerajaan pertama di yang Gowa berada di perbatasan Gowa-Makassar, menjadi catatan sejarah yang panjang, itu terbukti dengan beberapa tempat yang diyakini memiliki umur Ratusan tahun.

Baca Juga:  BPK Serahkan LHP, Nurdin Abdullah Terima WTP

Kawasan yang berada di Kelurahan Katangka, Kacamatan Sumba Opu, Kabupaten Gowa, memiliki kisah, salah satunya Situs Bersejarah Batu Tallua, (Tellu Poccoe) yang memiliki jarak tidak jauh dari Makam Raja raja Gowa.

Baca Juga:  Kodim 1420 Sidrap Resmikan Pencak Silat Binaannya

Batu yang berada di dalam sebuah bangunan ini, tercatat sebagai tempat pertamuan 3 Raja Sulawesi Selatan, diantaranya Raja Gowa ke XIV I Mangerai Dg Mangarabbia Karaeng Lakiung Sultan Alauddin, Raja Luwu ke XV La Patiware Daeng Parabbung Sultan Muhammad Mudharuddin, Raja Bone ke XI La Tenrirua Sultan Adam Matianrre RI Bantaeng.

Baca Juga:  Dalam Dialog Kebudayaan, Muchlis Ajak Masyarakat Jaga Warisan Budaya

Prasasti Batu Tallua, (Tellu Poccoe) menjadi saksi tempat pertemuan para raja pada tahun 1611 Masehi, masyarakat meyakini salah satu peninggalan sejarah ini menjadi bukti kebesaran Kerajaan Gowa di masa lampau.(Ar/WD)

Tinggalkan Balasan